Senin 28 Sep 2020 15:15 WIB

China Minta Importir Makanan Jauhi Negara Wabah Covid Parah

China mendapati sejumlah kasus makanan beku impor positif virus corona

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
China mendapati sejumlah kasus makanan beku impor positif virus corona. Ilustrasi.
Foto: flickr
China mendapati sejumlah kasus makanan beku impor positif virus corona. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Pemerintah Ibu kota China pada Senin meminta para importir agar menghindari makanan beku yang berasal dari negara dengan wabah Covid-19 parah. Imbauan ini dirilis setelah adanya sejumlah kasus produk makanan impor terbukti positif virus corona.

"Bea Cukai dan pemerintah setempat berulang kali menemukan virus corona di makanan beku impor, membuktikan produk tersebut berisiko terkontaminasi," demikian pernyataan Biro Komersial Kota Beijing kepada perusahaan impor.

Baca Juga

Biro mendesak importir agar mengawasi secara ketat situasi pandemi di luar negeri dan juga "proaktif" menghindari makanan rantai beku impor dari wilayah yang mengalami pandemi parah. Mereka juga diminta agar mencari rencana alternatif untuk impor.

Biro mendesak perusahaan agar meningkatkan mekanisme peringatan dan pelaporan terkait produk impor dan segera memberitahu otoritas jika produk impor terbukti positif terkena virus corona.

China melaporkan nihil kasus transmisi lokal selama lebih dari sebulan. Namun baru-baru ini pihaknya mendeteksi virus pada kemasan produk akuatik impor di Provinsi Jilin dan Kota Qingdao.

September ini China menghentikan sementara impor dari produsen makanan laut Brasil, Indonesia, dan Rusia selama sepekan bahkan lebih dari beberapa pekan ke depan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement