Senin 28 Sep 2020 14:48 WIB

Pandawa Kurangi Tatap Muka Peserta BPJS Kesehatan

Peserta tidak perlu lagi datang ke kantor cukup chat saja untuk akses layanan

BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan saat ini mulai menerapkan pelayanan tanpa tatap muka melalui aplikasi WhatsApp atau yang bisa disebut Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa).
Foto: BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan saat ini mulai menerapkan pelayanan tanpa tatap muka melalui aplikasi WhatsApp atau yang bisa disebut Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa).

REPUBLIKA.CO.ID, PASURUAN -- BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan saat ini mulai menerapkan pelayanan tanpa tatap muka sebagai upaya menekan angka penyebaran Covid-19. Jenis pelayanan yang diberikan ini dilakukan menggunakan aplikasi WhatsApp atau yang bisa disebut Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa ).

Kehadiran Pandawa diharapkan dapat mempermudah tata administrasi Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Melalui Pandawa peserta JKN-KIS dapat mengakses pelayanan BPJS Kesehatan secara online. Layanan ini telah diberlakukan sejak senin 14 September 2020, dengan menghubungi nomor layanan 0895 0807 7758 melalui Whatsapp.

"Peserta tidak perlu lagi datang ke kantor cukup chat saja untuk akses layanan yang dibutuhkan. Adanya pandawa ini mampu menekan angka kunjungan dikantor BPJS Kesehatan cabang Pasuruan khususnya,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan Indrina Darmayanti, pekan lalu.

Deena sapaan akrab Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan menambahkan, layanan Pandawa ini diharapkan dapat mengurangi resiko penyebaran Covid–19 di wilayah pasuruan. Lalu apa saja layanan administrasi yang diberikan Pandawa antara lain pendaftaran peserta baru, pendaftaran bayi baru lahir, penambahan anggota keluarga, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, penonaktifan peserta meninggal, perubahan Fasilitas kesehatan (Faskes), perbaikan data ganda dan pengaktifan kembali.

Layanan Pandawa dapat diakses pada hari kerja mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB, cukup chat ke nomor Whatsapp yang sudah disediakan kemudian peserta dihubungi dan dilayani sesuai kebutuhan administrasinya. "Saya berharap peserta di 4 wilayah kerja kantor BPJS Kesehatan Pasuruan dapat optimal memanfaatkan Pandawa agar dimasa pandemi Covid-19 semua tetap terjaga, aman, tidak berkerumun dan tetap dirumah saja,” tambahnya.

Sejak adanya layanan Pandawa ini telah banyak peserta yang memanfaatkan termasuk Rachmat Huda (24) warga Rejoso, Kabupaten Pasuruan. Ia mengungkapkan layanan tanpa tatap muka ini sangat membantu dalam mengakses kebutuhan pelayanan administrasi BPJS Kesehatan.

“Program baru dari BPJS Kesehatan yaitu layanan melalui Whatsapp sangat memudahkan peserta dalam kebutuhan administrasi. Akses yang semua orang punya di smartphone dan mudah pengoperasiannya cukup tulis pesan, kebutuhannya apa disampaikan, data dikirimkan dan dapat balasan dengan cepat tanpa kita keluar rumah. Pandawa sangat membantu sekali di masa serba takut karena Covid-19 ini,” ucap Huda.

Tak hanya pandawa sebagai kanal layanan digital yang dimiliki BPJS Kesehatan, ada beberapa kanal layanan yang dapat di akses peserta untuk pemenuhan kebutuhan pelayanan. Kanal digital yang dimiliki BPJS kesehatan diantaranya aplikasi Mobile JKN, Care Center 1 500 400, layanan CHIKA di nomor Whatsapp atau Telegram 0811 8750 400. Adanya kanal-kanal digital ini semoga semakin memberikan kemudahan peserta JKN-KIS dalam mendapatkan pelayanan BPJS Kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement