Senin 28 Sep 2020 13:47 WIB

Cara Mengganti dan Atur Ulang Kata Sandi Snapchat

Snapchat memiliki lebih dari 229 juta pengguna aktif harian.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Aplikasi Snapchat
Foto: Theverge
Aplikasi Snapchat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Snapchat merupakan aplikasi perpesanan multimedia untuk iOS dan Android. Pertama kali dirilis  pada 2011 dan ditargetkan untuk kalangan muda.

Nilai jual unik Snapchat adalah gambar yang diunggah dan pesan terkirim biasanya hanya tersedia untuk waktu singkat sebelum dihapus. Pada 2020, Snapchat memiliki lebih dari 229 juta pengguna aktif harian.

Baca Juga

Snapchat memiliki fitur keamanan tertentu di atas aplikasi perpesanan lain, seperti dukungan untuk enkripsi end to end. Tapi, tetap saja aplikasi ini belum kebal terhadap peretasan, termasuk pelanggaran besar-besaran pada 2013 yang menyebabkan sekitar 4,3 juta nama pengguna dan kata sandi Snapchat bocor.

Mengubah kata sandi di Snapchat secara berkala adalah salah satu cara untuk mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh peretasan apa pun. Sandi Snapchat harus terdiri setidaknya delapan karakter. Pemilik harus selalu menggunakan sandi yang unik dan tidak mungkin ditebak oleh siapa pun.

Dilansir dari Tech Radar, Senin (28/9), untuk mengganti kata sandi Snapchat, pengguna harus masuk ke aplikasi. Di kiri atas antarmuka, akan ada avatar pengguna.

Tekan gambar untuk membuka halaman profil. Di kanan, ada ikon roda gigi Settings. Halaman Settings mencantumkan detail seperti nama, nama pengguna dan tanggal lahir pengguna. Temukan opsi menu untuk Password dan tap itu. Masukkan kata sandi pengguna saat ini dan tekan Continue.

Di halaman terakhir, masukkan kata sandi baru dan kata sandi yang kuat memiliki kombinasi huruf, angka dan simbol. Jika kata sandi terlalu sederhana, Snapchat akan memperingatkan dan menolak untuk mengubah kata sandi.

Setelah pengguna membuat sandi baru yang dapat diterima, mereka harus memasukkannya lagi untuk mengkonfirmasinya. Setelah itu simpan kata sandi.

Kemudian pengguna juga bisa mengatur ulang kata sandi Snapchat. Saat pertama kali mendaftar Snapchat, pengguna tidak perlu memasukkan alamat email atau nomor telepon. Tetapi memverifikasi alamat email atau nomor telepon diperlukan untuk mengatur ulang sandi, jadi sangat disarankan agar pengguna mendaftarkan setidaknya satu dari rincian di akun Snapchat.

Dengan asumsi memiliki akses ke alamat email atau nomor telepon terdaftar, pengguna dapat mengatur ulang kata sandi Snapchat jika lupa. Di halaman login, pilih Forgot your password? Bergantung pada detail yang telah  diterapkan ke akun Snapchat, melalui telepon atau email. Jika pengguna memilih email, misalnya, Snapchat akan mengirimi pengguna tautan untuk mengatur ulang kata sandi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement