Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Ajang Pitch First 2020, Saatnya Sarjana Jadi Pengusaha

Senin 28 Sep 2020 10:40 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Ajang Pitch First 2020, saatnya Sarjana Jadi Pengusaha. (FOTO: Universitas Prasetiya Mulya)

Ajang Pitch First 2020, saatnya Sarjana Jadi Pengusaha. (FOTO: Universitas Prasetiya Mulya)

Ajang Pitch First 2020, saatnya Sarjana Jadi Pengusaha

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Kompetisi Pitch First kembali dihelat di 2020. Pitch First merupakan ajang bagi para mahasiswa ataupun mahasiswi Program Sarjana (S1) yang berasal dari universitas se-Indonesia yang diberikan ruang untuk menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam mengekspresikan dan mempresentasikan ide bisnisnya melalui kompetisi business pitching.

Pitch first merupakan salah satu event yang diselenggarakan oleh management society Universitas Prasetiya Mulya dan bertujuan untuk menjadi platform kompetisi business speaking tingkat atas yang diikuti mahasiswan Strata Satu (S1) Indonesia dari berbagai jurusan dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga: Lahirkan Entrepreneur Andal lewat Pitch First

Alumni Student Affairs Engagement and External Relation Mr. Henry Pribadi menyampaikan, Pitch First juga hadir dengan visi untuk mendorong mahasiswa Strata Satu (S1) Indonesia untuk mengembangkan dan mempresentasikan business plan mereka dalam kompetisi serta berkontribusi dalam mewujudkan generasi muda yang memiliki jiwa wirausaha, kreatif, dan inovatif serta berani untuk memberikan perubahan positif bagi masyarakat pada umumnya.

Henry menjelaskan, ini adalah tahun ke-4 membuat Pitch First, "Saya ada saat Pitch First dibuat di tahun pertama. Saya kira di tahun 2017, bersama kami, Pak Sukasah dan juga Ibu Dwi saat itu," ujar Henry, Sabtu (26/9/2020).

Henry mengatakan, ketika ingin mencoba membuat proyek bisnis baru ataupun ingin mencoba membuat ide bisnis, Anda perlu membuat model bisnis yang sangat baik dan solid. Selain itu, Anda juga harus bisa menyampaikan dan mengomunikasikan model bisnis Anda kepada investor Anda.

"Itu berarti, kesulitannya akan berlipat ganda karena Anda perlu membuat mereka mengerti dan Anda perlu meyakinkan mereka atas ide bisnis Anda. Berdasarkan ini, management society saat itu berusaha membuat kompetisi yang unik ini lebih berfokus dalam penyampaian pesan dari bisnis itu sendiri," ujar Henry.

Henry mengutarakan, seperti yang mungkin kita sadari bahwa kebanyakan dalam kompetisi bisnis akan menemukan bahwa kompetisi sebagian besar berfokus pada bisnisnya.

"Namun, dalam Pitch First pertama, kami lebih fokus pada penyampaian pesan. Kami fokus tentang seberapa baik Anda dalam mengomunikasikan ide Anda dan seberapa baik Anda dalam menyampaikan ide Anda kepada calon investor," kata Henry.

Henry mengatakan, enam tim terbaik dari 13 tim akan dipilih untuk memenangkan hadiah utama. Setiap tim akan dinilai berdasarkan pengorganisasian materi dan presentasi keseluruhan.

"Saya yakin kegiatan semacam ini akan membantu Anda untuk mengasah kemampuan komunikasi Anda. Untuk mengasah kemampuan menyampaikan ide Anda di masa mendatang, terutama Anda harus melakukannya dengan cara yang sangat terbatas dan waktu yang sangat terbatas," kata Henry.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA