Sunday, 15 Rabiul Awwal 1442 / 01 November 2020

Sunday, 15 Rabiul Awwal 1442 / 01 November 2020

Rasulullah Ajari untuk Menunjukkan Wajah Berseri-seri

Senin 28 Sep 2020 09:13 WIB

Red: Esthi Maharani

Rasulullah SAW (ilustrasi)

Rasulullah SAW (ilustrasi)

Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Tunjukkan wajah yang berseri-seri ketika bertemu dengan saudaramu sesama Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, Islam sangat menaruh perhatian terhadap masalah pergaulan antarmanusia. Islam menginginkan agar hubungan di antara manusia berlangsung hangat dan penuh rasa kasih sayang. Contohnya, apabila salah seorang bertemu dengan kawannya di perjalanan, maka dia menyapa dengan ramah, wajah berseri-seri, serta dengan senyuman yang merekah di bibir.

Tentang anjuran seperti ini, Rasulullah Saw bersabda, "Setiap perbuatan baik merupakan sedekah. Termasuk dalam kategori sedekah sikapmu menunjukkan wajah yang berseri-seri ketika bertemu dengan saudaramu sesama muslim serta memberikan air yang ada di dalam bejanamu kepadanya" (HR Tirmidzi).

Dikutip dari buku Jiwa dalam Bimbingan Rasulullah karya Dr Saad Riyadh, diriwayatkan juga bahwa apabila mengutus salah seorang sahabatnya untuk menjalankan urusan tertentu Rasulullah Saw sering kali berpesan sebagai berikut, "Berusahalah untuk membuat gembira (orang atau kaum yang kalian datangi tersebut) dan janga membuat mereka menghindar. Demikian juga berupayalah untuk mempermudah dan jangan mempersulit" (HR Ahmad).

Istri Abud Darda pernah berkata, "Setiap kali Abud Darda menyampaikan sesuatu, maka ia selalu menyampaikannya seraya tersenyum sehingga saya sampai berkata kepadanya, "Saya khawatir orang-orang nanti akan menganggapmu kurang waras". Akan tetapi, dia lalu menjawab, "Setiap kali Rasulullah menyampaikan suatu perkataan maka beliau selalu tersenyum" (HR Ahmad)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA