Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Undunsyah, Si Anak Nelayan yang Bertarung di Pilgub Kaltara

Senin 28 Sep 2020 05:45 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Bupati Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara, Undunsyah (kiri), maju dalam kontestasi Pilgub Kaltara 2020.

Bupati Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara, Undunsyah (kiri), maju dalam kontestasi Pilgub Kaltara 2020.

Foto: Dok Istimewa
Bupati Tana Tidung Undunsyah maju sebagai calon gubernur Kaltara.

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa sangka Undunsyah yang saat ini menjabat sebagai Bupati Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara itu ternyata merupakan seorang anak dari pasangan nelayan dan petani. 

Terlahir dari keluarga miskin Undunsyah jarang sekali merasakan kenikmatan dan kemudahan dunia seperti anak-anak mampu pada umumnya.  

"Kami adalah keluarga kalau saat ini mungkin keluarga miskin. Secara ekonomi kehidupan keluarga hanya mengharapkan dari bapak seorang nelayan dan seorang petani," katanya dalam sebuah wawancara di kanal Youtube.  

Undunsyah lahir di Desa Muara Kabupaten Bulungan Salimbatu, salah satu wilayah kecil di Kalimantan Utara, ia pun menghabiskan masa kecilnya disana hingga akhirnya berpindah ke Kota Tarakan dan tinggal bersama kakek-neneknya.  

Pria yang bernama lengkap gelar Dr H Undunsyah, MH, Msi itu menceritakan kalau hidupnya waktu kecil sangat miskin karena hanya mengandalkan penghasilan sang Ayah yang merupakan seorang nelayan, apalagi harus menghidupi tujuh anak. 

Undunsyah juga menceritakan saat kepergian sang ayah sangat membuat dirinya dan enam saudara lainnya memutar otak untuk memikirkan bagaimana caranya untuk bertahan hidup.

"Sekitar 78 itu orang tua saya yang laki-laki meninggal, setelah meninggal mau tidak mau, kan tulang punggung keluarga kepada kakak seluruhnya dan kami sebagai adik-adik pun membantu juga dengan serabutan apapun," ungkapnya. 

Pria kelahiran 27 Februari 1962 itu juga mengungkapkan kisahnya tentang bagaimana awal motivasi semangat merubah nasibnya untuk lebih baik.

Dia menanamkan motivasi dalam diri kalau satu-satunya cara untuk mengubah nasib kehidupan adalah berawal dari alam bawah sadar kalau pendidikan menjadi fundamental yang aman penting. 

"Jadi satu-satunya cara untuk saya, selalu punya pedoman bahwa ingin mengubah nasib kita itu adalah kita sendiri. Untuk meningkatkan status sosial, kita harus bicara masalah Pendidikan. Ini yang saya kejar, dengan keterbatasan ekonomi ke saya dulu dibekali hanya uang Rp 95 ribu  saya kuliah dari Tarakan ke Samarinda itu naik kapal laut demi meraih cita-cita," jelasnya.  

Sekarang, Undunsyah membuktikan kalau anak seorang nelayan dan petani mampu dan bisa untuk sukses, terbukti akhirnya dia berhasil maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2020 bersama Udin Hiangio. 

Seperti diketahui Udin Hiangio dan Undunsyah mendaftar menjadi Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara di Tanjung Selor, Ahad 6 September 2020. 

sumber :
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA