Ahad 27 Sep 2020 20:00 WIB

Resor di Qatar Hadirkan Herbal Tradisional Arab-Islam 

Qatar berusaha melestarikan pengobatan tradisional Arab-Islam.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah
Kota Doha, Qatar
Foto: pixabay
Kota Doha, Qatar

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA – Sebuah resor di Qatar menghadirkan pengobatan Islam dan tradisional Arab. Seiring penggunaan obat tradisional terus mendapatkan momentum di seluruh dunia, Resor Kesehatan Zulal akan membawa Pengobatan Islam dan Tradisinal Arab (TAIM) ke garis depan industri kesehatan di Qatar, kawasan Timur Tengah dan dunia.

Pengobatan Islam dan tradisional Arab mencakup banyak sumber kebijaksanaan pengobatan kuno dan pedoman untuk hidup sehat, yang banyak di antaranya telah dilupakan di era masa kini. 

Baca Juga

Seperti halnya semua sistem kesehatan tradisional, TAIM mencakup pendekatan holistik terhadap kesehatan berdasarkan prinsip-prinsip tradisional yang diturunkan dari dokter-dokter kuno dan berfokus terutama pada praktik gaya hidup sehat.

Banyak konsep dan praktik inovatif dari Pengobatan Islam dan tradisional Arab yang telah mempengaruhi dan menginspirasi perkembangan pengobatan modern. Sebagai destinasi kesehatan terbesar di Qatar, resor kesehatan perendaman pertama di Timur Tengah dan pusat Pengobatan Tradisional Arab dan Islam pertama di dunia, Zulal Wellness Resort oleh Chiva-Som menetapkan tolok ukur baru dalam industri kesehatan.

 

Dengan memanfaatkan keahlian Chiva-Som selama bertahun-tahun yang melayani audiens global sambil mempertahankan hubungan yang erat dengan budaya lokal, Zulal berkomitmen untuk menciptakan konsep kesehatan yang menggabungkan sistem pengobatan TAIM yang kurang dimanfaatkan sambil menampilkan sumber daya obat Qatar yang kaya dan berharga.

"Pengobatan tradisional Arab dan Islam adalah sistem luas yang memiliki nilai tinggi dan kurang digunakan di dunia saat ini. Zulal Wellness Resort akan menjadi resor kesehatan pertama yang didedikasikan untuk TAIM, yang akan memungkinkan Zulal untuk mempelopori sistem pengobatan unik ini dalam skala yang lebih luas dan menghadirkan model yang mencakup berbagai perawatan holistik yang berasal dari TAIM," kata Direktur Penelitian dan Pengembangan Chiva-Som, Dr Jason Culp, dilansir di Gulf Times, Ahad (27/9).

Culp mengatakan, prinsip Zulal Wellness Resort berasal dari Canon of Medicine, sebuah teks kuno yang ditulis cendikiawan dan tabib Islam Ibn Sina (Avicenna). Prinsip-prinsip ini mengakui pentingnya meningkatkan kesehatan melalui pola makan dan nutrisi yang optimal, istirahat yang cukup, gerakan fisik dan aktivitas mental yang memadai, pencernaan dan pembuangan yang optimal, dan akhirnya udara bersih dan pernapasan yang benar.

Dalam pernyataan persnya disebutkan, Zulal Wellness Resort bertujuan untuk menjadi pusat pendidikan dan pemimpin dalam kesehatan holistik yang menggabungkan  Pengobatan Islam dan Arab Tradisional dengan misi untuk menginspirasi perubahan gaya hidup yang bertahan lama dan dengan demikian berkontribusi untuk membangun masyarakat yang lebih sehat. Zulal dibuat dengan semangat menjadi saluran untuk pengetahuan dan bertujuan untuk menghubungkan kembali semua elemen TAIM.

photo
Kota Doha, Qatar. - (EPA)

Selain itu, Zulal juga bertujuan memberikan pengalaman sangat unik melalui menu perawatan kesehatan dan produknya yang menangkap esensi sejati dari budaya dan warisan lokal. 

Menurut seorang konsultan pengobatan dan naturopati integratif, Mohamed Al-Khater, Zulal Wellness Resort adalah perwujudan dari fitur gurun dan laut yang eksklusif dan berbeda dengan Qatar dan wilayahnya dan telah merumuskan menu layanan dan produk yang luas yang menampilkan efek brilian dari kekayaan lokal negara itu.

Al-Khater menambahkan, bahwa Zulal telah memasukkan bahan-bahan yang bersumber secara lokal ke dalam produk dan perawatan khasnya, termasuk herbal yang terkenal di masyarakat lokal dan regional seperti pohon Sidr, simbol ikon warisan Qatar, dan tanaman aromatik lain yang baru ditemukan seperti Tanaman Arar (Pulicaria crispa) dari utara Qatar yang memiliki aroma yang sangat khas. Tanaman demikian akan menjadi aroma khas Zulal.

Bahan-bahan lain yang ditampilkan dalam produk dan perawatan termasuk Camelgrass, yang juga dikenal sebagai Serai Qatar, tanah liat merah muda Qatar lokal, dan rumput laut kering dari pantai Qatar, yang membantu mempromosikan detoksifikasi dan kecantikan kulit melalui berbagai layanan spa. Produk perawatan kulit unik Zulal juga mencakup susu unta, yang merupakan bahan padat nutrisi yang merupakan tradisi lama yang digunakan untuk mendukung kesehatan.

"Proses kreatif di balik pembuatan produk ini melibatkan tanaman aromatik yang ditanamkan untuk menciptakan aroma unik yang secara instan akan membangkitkan ingatan dan emosi tertentu serta meningkatkan indra," kata Al-Khater.

Dia menambahkan, campuran diffuser (penyegar aroma ruangan) juga telah dibuat untuk kamar tamu, ruang perawatan, dan area utama resor untuk menciptakan pengalaman multisensor terbaik.

Rangkaian produk aromatik khas Zulal mencakup campuran dengan aroma Arab yang unik, seperti campuran 'Desert Mistique', yang membangkitkan aroma unik gurun pasir setelah hujan. Zulal Wellness Resort adalah surga kesehatan yang unik, yang dihidupkan Msheireb Properties.

Sumber:    https://m.gulf-times.com/story/673868/Rediscovering-Traditional-Arabic-and-Islamic-Medic   

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement