Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Hadapi Sheffield, Bielsa Justru Puji Pelatih Lawan

Ahad 27 Sep 2020 17:07 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Marcelo Bielsa

Marcelo Bielsa

Foto: EPA/GUILLAUME HORCAJUELO
Laga digelar malam ini WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS -- Leeds United dijadwalkan bertandang ke markas Sheffield United pada pekan ketiga Liga Primer Inggris, Ahad (27/9) malam WIB. Laga yang akan digelar di Stadion Bramall Lane itu akan menjadi pertemuan pertama antara kedua klub di kasta tertinggi sepak bola Inggris dalam 26 tahun terakhir.

Di laga ini, The Whites berstatus sebagai salah satu tim promosi usai menjadi yang terbaik di Divisi Championship pada musim lalu. Sementara The Blades merupakan salah satu kejutan terbesar di Liga Primer Inggris musim lalu. Meski berstatus sebagai tim promosi, tim besutan Chris Wilder itu mampu finish di peringkat kesembilan Liga Primer Inggris musim lalu. 

Prestasi apik The Blades pada musim lalu itu, yang membuat pelatih Leeds United, Marcelo Bielsa, tidak mau mengganggap remeh lawatan ke kandang The Blades tersebut. Pencapaian Sheffield United pada musim lalu, kata Bielsa, tidak terlepas dari kemampuan apik pelatih Chris Wilder dalam memimpin pasukan The Blades.

Pelatih asal Argentina itu mengaku terkesan dan belajar banyak dari Wilder. Menurut Bielsa, Wilder merupakan pelatih yang mampu menerjemahkan ide-ide sepak bolanya secara tepat ke dalam sebuah tim dan diterima dengan nyaman oleh para penggawa The Blades.

''Mereka sudah memiliki permainan yang khas dan berjalan optimal. Mereka memiliki pelatih yang bagus. Dia berhasil menanamkan idenya kepada para pemain. Itu adalah salah satu kelebihan seorang pelatih, saat mampu menanamkan idenya dan para pemain terlihat nyaman menerjemahkan ide tersebut di atas lapangan,'' ujar Bielsa di laman resmi klub, Ahad (27/9).

Pelatih yang dikenal memiliki pengaruh terhadap gaya permainan yang diterapkan pelatih-pelatih kelas dunia itu pun mengakui, laga di Bramall Lane ini dapat menjadi kesempatan terbesar buat timnya untuk bisa mengukur kemampuan mereka, terutama dalam bersaing di pentas Liga Primer Inggris musim ini. 

Dengan performa di dua laga awal, The Whites memang memiliki potensi untuk menjadi tim kejutan di Liga Primer Inggris musim ini, seperti yang dilakukan Sheffield United pada musim lalu. Meski di laga perdana kalah 4-3 dari Liverpool, tapi Leeds mampu memetik tiga angka saat membungkam sesama tim promosi, Fulham, 4-3, akhir pekan lalu. 

''Kami tidak bisa mengesampingkan pencapaian Sheffield pada musim lalu. Baru dipromosikan, tapi bisa langsung bersaing di Liga Primer Inggris. Mereka adalah tim yang sangat bagus dengan identitas permainan yang kuat. Laga ini menjadi kesempatan besar buat kami untuk membandingkan kekuatan kami dengan mereka,'' tutur Bielsa.

Selain bakal menjadi pertemuan perdana antara kedua tim di pentas tertinggi sepak bola Inggri, laga ini juga cukup istimewa. Pasalnya, pertemuan Leeds United dan Sheffield United tersebut merupakan laga derby antara sesama klub asal Yorkshire, Inggris.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA