Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Menpora Berharap Mahasiswa Memiliki Jiwa Wirausaha

Ahad 27 Sep 2020 16:05 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gita Amanda

Menpora Zainudin Amali berharap mahasiswa dapat menjadi wirausahawan yang sukses, serta mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Menpora Zainudin Amali berharap mahasiswa dapat menjadi wirausahawan yang sukses, serta mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Foto: Dok. Pri
Diharapkan mahasiswa yang ikut kegiatan mampu menciptakan lapangan kerja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, secara resmi membuka dan memberi motivasi kuliah kewirausahaan secara virtual bersama Universitas Bung Karno, Jakarta, beberapa waktu lalu. Pada kesempatan itu, Menpora RI menyemangati mahasiswa untuk punya jiwa kewirausahaan.
 
Zainudin berharap mahasiswa yang mengikuti kegiatan itu dapat menjadi wirausahawan yang sukses, serta mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. “Saya kira kerja sama ini bagus. Memang ini menjadi program kita, kami medorong dikalangan anak muda punya semangat kewirausahaan. Ke depan tantangan kita semakin besar, harus dimanfaatkan dengan baik,” kata Menpora dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Sabtu (26/9) lalu.
 
Lebih lanjut Zainudin menyampaikan, Kemenpora memiliki lima program prioritas pada 2020 hingga 2024. Pertama, Menpora menyampaikan perbaikan tata kelola, kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN), penyederhanaan regulasi, penyesuaian birokrasi dan peningkatan kecepatan pelayanan publik.

Kedua, pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan. Ketiga, penguatan ideologi pancasila dan karakter serta budaya bangsa dikalangan pemuda.

Lalu keempat, sosialiasi olahraga untuk menimbulkan kegemaran  hidup lebih sehat dan bugar di kalangan masyarakat. Kelima, yaitu pembinaan usia dini dan peningkatan prestasi atlet yang terencana dan berkesinambungan.
 
“Nah, apa yang kita bicarakan hari ini, termasuk program prioritas Kemenpora RI nomor dua. Kami sadar betul lulusan perguruan tinggi, mereka nanti akan berada ditengah masyarakat, memiliki tanggung jawab kepada diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara. Saya harap, adik-adik mahasiswa nantinya bisa menjadi wirausahawan yang sukses diberbagai bidang,” ujarnya.
 
Di akhir kesempatan, ia berpesan kepada mahasiswa untuk dari sekarang harus mulai berpikir memulai wirausaha. Sebagai langkah awal, Zainudin memberi tips untuk menyiapkan perencanaan terlebih dahulu yang realistis.

“Tolong adik-adik mahasiswa mulai berpikir mau berwirausaha apa sekarang. Saya sarankan mulai dari perencanaan yang realistis. Jadi, selain punya keterampilan secara akademi, adik-adik mahasiswa punya keterampilan dibidang kewirausahaan. Gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.
 
Sementara itu, Rektor Universitas Bung Karno, Didik Suhariyanto mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Kemenpora RI atas kerja sama yang telah terjalin.

“Selaku rektor, saya menyambut baik ide ini karena memberi dukungan semangat kewirausahaan ditingkat universitas. Semoga nanti bisa diterapkan. Kepada mahasiswa, saya harap tanamkan semangat kewirausahaan,” ucapnya.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA