Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Biasakan Pola Makan Sehat dengan 8 Cara Sederhana Ini

Ahad 27 Sep 2020 15:53 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Pola makan sehat (ilustrasi).

Pola makan sehat (ilustrasi).

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Sembunyikan makanan tidak sehat dan sediakan buah-buahan segar di meja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsumsi makanan sehat sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun, tidak semua mampu melakukannya karena butuh komitmen luar biasa untuk merapkannya.

Dilansir di laman Yahoo Health, Ahad (27/9), berikut delapan cara untuk mempermudahkan konsumsi makanan sehat Anda setiap harinya.

1. Makan salad kecil sebelum makan malam

Mengawali makan dengan salad tidak hanya menambah asupan sayuran, tetapi juga membantu mengurangi makan secara keseluruhan. Satu studi kecil oleh para peneliti Cornell menemukan bahwa ketika peserta memulai dengan porsi kecil sayuran sebelum makan, mereka memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah hingga dua jam setelah makan dibandingkan jika mereka hanya makan makanan tinggi karbohidrat. Temuan ini sangat penting bagi penderita diabetes, karena mengelola kadar glukosa darah dapat mencegah kerusakan jangka panjang pada saraf dan organ.

2. Siapkan potongan buah dan sayur

Selain makan pokok, tentu Anda ingin makan camilan. Karena itu, potonglah sayur dan buah setiap harinya untuk stok camilan sehat Anda.

3. Simpan makanan sehat dalam wadah bening

Ketika Anda melihat kacang-kacangan, wortel, yogurt, dan potongan buah dalam wadah bening, Anda akan cenderung ingin memakannya. Jadi mulailah simpan makanan sehat itu dalam wadah bening.

4. Sembunyikan camilan junky

Penting bagi Anda untuk menyembunyikan camilan yang tidak sehat. Anda bisa menyimpan camilan tidak sehat di lemari yang jarang terjamah atau di area dapur yang tersembunyi. Tujuannya, agar Anda tidak memakannya saat ingin makan camilan.

5. Setop beli makanan tidak sehat

Jika masih sulit menghentikan hasrat ngemil makanan tidak sehat, hapus saja camilan asin dan minuman manis dari daftar belanjaan Anda untuk selamanya.

6. Simpan buah di meja

Saat Anda melihat kue atau pretzel di meja, Anda lebih cenderung memakannya bukan? Jadi, mulai sekarang ganti kue itu dengan buah-buahan. Menurut sebuah studi Cornell, ketika wanita menyimpan buah segar di meja mereka, berat badan mereka cenderung normal dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang menyimpan makanan ringan seperti sereal atau soda.

7. Masak banyak camilan sehat

Dengan memasak atau menyajikan camilan, Anda mempersiapkan diri untuk sukses. Telur rebus adalah camilan berprotein tinggi yang enak untuk disantap.

8. Minum air

Percaya atau tidak, rasa haus membuat kita lebih cenderung ingin makan daripada lapar. Karena itu, tidak ada cara yang lebih sederhana daripada hanya minum lebih banyak air.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA