Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Panduan Bikin Secangkir Kopi Sempurna di Rumah

Senin 28 Sep 2020 09:00 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Minuman kopi. Selama periode pandemi Covid-19, setidaknya banyak orang yang ingin membuat secangkir kopi nikmat di rumah.

Minuman kopi. Selama periode pandemi Covid-19, setidaknya banyak orang yang ingin membuat secangkir kopi nikmat di rumah.

Foto: ROL
Kopi yang enak juga dapat disiapkan sendiri di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi menjadi olahan minuman yang sudah dinikmati hampir seluruh warga dunia. Industri maupun kedai kopi yang menjamur menjadi cerminan warga yang sudah terbiasa dengan sajian kopi.

Namun, selama periode pandemi Covid-19, setidaknya banyak orang yang ingin membuat secangkir kopi nikmat di rumah. Berikut panduan sejumlah ahli yang bisa dicoba, dilansir laman The Guardian.

Jonny England, kepala global kopi di Pret a Manger, menekankan pentingnya mulai dari memilih biji kopi hingga cara penyimpanannya. Disarankan untuk menggunakan kotak penyimpanan dalam menjaga kemasan tetap tertutup, dan simpan di tempat yang sejuk, kering, jauh dari bau atau sinar matahari. Pastinya, jangan taruh di lemari es karena akan mempercepat degradasi kopi, akibat kelembapan dan bau menyengat produk makanan di lemari es.

"Kopi itu seperti spons dan menyerap bau apapun yang terkena. Anda benar-benar tidak ingin kopi Anda terasa seperti keju," ujarnya.

Jenis kopi
Anson Goodge, pelatih kepala di Ozone Coffee Roasters di London, menyarankan untuk mengunjungi kedai kopi dengan semangat bereksperimen. “Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari mengobrol dengan barista dan menanyakan kopi apa yang mereka gunakan.”

Faktor terbesar dalam membuat kopi sempurna adalah kualitas dan kesegaran biji. Ada biji berkadar khusus dan bermutu komoditas. Goodge mengatakan, hampir semua yang ada di supermarket adalah kopi kelas komoditas. Biji kopi tersebut kemungkinan besar telah lama disimpan hingga mengurangi kesegaran.

Menggiling kopi
Lewis Spencer dari Coffee Direct mengatakan kopi yang sudah digiling tidak bisa mempertahankan rasa kuat yang sama. Saat udara mulai berinteraksi dengan partikel kopi, maka mulai menghilang.

Untuk kopi bubuk, pada dasarnya terdapat area permukaan yang lebih besar, untuk meningkatkan interaksi kopi-ke-udara. Sangat sulit untuk menggiling kopi secara akurat ke pengaturan yang benar pada salah satu dari peralatan dapur.

Baca Juga

Jika ingin berkomitmen untuk membuat kopi dengan benar, maka memerlukan penggiling kopi yang tepat pila. Para profesional hampir secara seragam merekomendasikan penggiling duri, yang tidak menghancurkan kopi. Ada penggiling manual, penggiling duri listrik, hingga Wilfa Uniform. Tidak hanya memiliki 41 pengaturan yang berbeda, tetapi juga dapat mengoperasikan alat dari jarak jauh dengan ponsel, untuk memastikan bahwa biji digiling dengan sempurna.

Espresso atau drip?
Umumnya, espresso cukup sulit dibuat di rumah. Butuh sedikit keterampilan untuk menyiapkannya.

Anda butuh biji kopi segar. Perlu dipastikan bahwa air juga berkualitas baik.

Untuk di rumah, bisa menggunakan filter kertas daripada filter jaring. Giling kopi dengan menuangkan air mendidih, biarkan selama dua atau tiga menit dan kemudian tekan.

Catatan tentang air
Dua elemen utama yang berperan adalah kkualita air dan suhu. Spencer mengatakan bahwa suhu air optimal untuk espresso adalah 90 derajat Celsius hingga 96 derajat Celsius.

"Dengan air di bawah kisaran ini, karakteristik, keasaman, dan aroma sangat berubah," katanya.

Direkomendasikan untuk menyaring air, dan menyesuaikan pengaturan "berdasarkan persediaan air". Itu akan menghilangkan semua hal yang tidak diinginkan dari air dan meninggalkan mineral penting yang dibutuhkan untuk mengekstrak rasa kopi optimal.

Perlu keseimbangan sempurna antara mineral terlarut dan tingkat pH dalam air untuk mencapai hasil terbaik saat menyeduh kopi. Tapi kebanyakan orang lebih suka tidak perlu repot menganalisis air mereka.

Semua hal dipertimbangkan untuk membuat secangkir kopi beraroma yang sesuai dengan biji dan tidak terasa datar atau pahit. Sebaiknya menggunakan air yang segar, dingin, jernih, dan bebas dari kotoran, klorin, serta elemen lain yang tidak diinginkan.

Produk susu
Susu adalah tambahan yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Namun, tampaknya tidak ada pilihan "terbaik".

Susu sapi full cream atau semi-skim sangat cocok untuk kebanyakan orang. Namun, dianjurkan alternatif, seperti susu oat yang cenderung menghasilkan minuman lebih lembut dan bekerja sangat baik dengan sebagian besar jenis kopi. Namun, secara umum, susu atau pengganti susu tawar adalah yang terbaik.

Mug atau cangkir
Pemilihan gelas juga tidak dapat dikesampingkan. Biasanya, gelas yang sedikit lebih besar memiliki diameter yang lebih lebar, permukaan lebih besar. Ini bisa meningkatkan pengalaman aromatik sekaligus melembutkan bahan dalam minuman.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA