Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Fatah: Kerja Sama dengan Hamas untuk Balas Rencana AS-Israel

Ahad 27 Sep 2020 07:51 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini

Faksi gerakan Islam di Palestina: Hamas dan Fatah

Faksi gerakan Islam di Palestina: Hamas dan Fatah

Kerja sama Fatah-Hamas juga untuk melawan langkah Arab berhubungan dengan Israel

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH -- Kelompok Fatah mengatakan kerja sama mereka dengan Hamas bertujuan untuk membalas rencana Amerika Serikat (AS) dan Israel terhadap Palestina. Sebelumnya, pemerintah dari kelompok Fatah yang sekuler selalu bersaing dengan Hamas yang lebih konservatif.

"Kesepakatan ini bagian dari upaya untuk menyatukan posisi Palestina untuk menghalangi rencana Amerika-Israel," kata ketua wakil kelompok Fatah Mahmoud al-Aloul di Voice of Palestine Radio seperti dikutip dari media kantor berita Turki Anadolu Agency, Ahad (27/9).

Aloul mengatakan kesepakatan Fatah-Hamas juga bertujuan untuk 'melawan langkah sejumlah negara Arab yang menormalisasi hubungan dengan Israel'. Pada awal bulan ini Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain mendatangani perjanjian yang disponsori AS untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.

Baca Juga

Palestina mengecam keras kesepakatan normalisasi tersebut. Mereka menilai perjanjian tersebut mengkhianati perjuangan rakyat Palestina selama berpuluh-puluhan tahun dalam mempertahankan tanah mereka dari penjajahan Israel.

Pekan lalu, Fatah dan Hamas menggelar pertemuan di Turki. Kedua belah pihak sepakat untuk menggelar pemilihan legislatif dan presiden. Dua gerakan tersebut berselisih setelah Hamas merebut Jalur Gaza pada 2007 lalu.

Sementara itu, Aloul memuji keputusan Qatar yang menolak menduduki posisi ketua Liga Arab yang digilir setelah Palestina menolak untuk menduduki posisi ketua organisasi negara-negara Arab itu sebagai protes kesepakatan normalisasi UEA dan Bahrain.

"Peran Liga Arab dibelokan dan telah gagal mempertahankan resolusinya," kata Aloul. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA