Tuesday, 3 Rabiul Awwal 1442 / 20 October 2020

Tuesday, 3 Rabiul Awwal 1442 / 20 October 2020

Tak Manggung 7 Bulan Akibat Pandemi, Ini Harapan Tipe-X

Sabtu 26 Sep 2020 23:37 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Grup musik Tipe-X

Grup musik Tipe-X

Foto: dok. Tipe-X
Tipe-X berharap bisa kembali naik panggung dalam waktu dekat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah hampir tujuh bulan pandemi Covid-19 menerpa Indonesia. Selama itu pula berbagai kegiatan-kegiatan pengumpulan massa harus ditunda penyelenggaraannya, termasuk konser dan pertunjukan musik.

"Anak band sudah tujuh bulan manggungnya disetop," ungkap Gitaris Tipe-X Yoss dalam Streaming Concert 25th Anniversary Tipe-X yang disiarkan melalui kanal Youtube Favorite Records, pada Jumat (25/9) malam.

Yoss mengatakan hingga saat ini anak band belum bisa kembali naik ke atas panggung. Padahal, tak sedikit dari anak band yang menjadikan musik sebaga sumber mata pencaharian.

Selama pandemi, Yoss mengatakan sebagian karyawan bisa bekerja dari rumah dan tetap mendapatkan gaji. Akan tetapi, tak ada yang menggaji anak band bila mereka bekerja dari rumah.

"Buat pemerintah, tolong berikan solusi buat anak band. Kami sudah ikuti protokol yang ada, tolong kasih solusi," jelas Yoss.

Vokalis Tipe-X Tresno Riadi juga mengungkapkan harapan yang sama. Tresno mengatakan solusi yang diharapkan sebenarnya mencakup untuk semua orang yang kehilangan penghasilan secara mendadak selama pandemi, bukan hanya untuk anak band.

Tresno mengatakan teman-temannya telah melakukan berbagai upaya untuk bisa survive. Salah satunya dengan membuka usaha sesuai dengan keterampilan masing-masing.

"Kita memang harus survive, tidak bisa kita andalkan orang lain, kita harus tetap berusaha," tukas Tresno.

Meski situasi saat ini tidak mudah, Tresno mengajak para penggemar untuk tetap memunculkan aura yang positif, seberat apa pun kondisi yang dihadapi. Tresno juga berahrap pandemi bisa segera berlalu dan kondisi bisa kembali normal seperti dahulu.

Tresno juga berpesan kepada para penggemar Tipe-X, yaitu X Friends, untuk menjaga kesehatan di masa pandemi. Tresno mengimbau agar para penggemar selalu menaati protokol kesehatan.

"Tetap taati protokol kesehatan supaya kita selalu sehat dan bisa menjalani hidup dengan aman dan asik, mudah-mudahan kita bisa ketemu lagi secepatnya," pungkas Tresno.

Band ska Tipe-X baru saja menyelenggarakan konser virtual Streaming Concert 25th Anniversary Tipe-X untuk merayakan ulang tahun ke-25 tahun mereka, pada Jumat (25/9) malam. Konser tersebut disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Favorite Records.

Konser tersebut dibuka pada jam 20.00 WIB oleh penampilan band ska Orind. Konser virtual yang berlangsung hingga hampir tengah malam ini mendapatkan animo yang sangat baik dari para penonton yang jumlahnya melebihi 2.000 orang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA