Sabtu 26 Sep 2020 19:17 WIB

UBSI Menebar Energi Positif Melalui Seminar Motivasi (SEMOT)

Seminar Motivasinya sangat seru dan asyik, obrolannya anak muda banget.

Penampilan Ziko dan Dipo di acara Seminar Motivasi (Semot) mahasiswa baru UBSI tahun kuliah 2020/2021.
Foto: Dok UBSI
Penampilan Ziko dan Dipo di acara Seminar Motivasi (Semot) mahasiswa baru UBSI tahun kuliah 2020/2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) selalu berupaya menebar energi positif kepada para mahasiswanya. Dan hal  itu dimulai sejak awal seseorang diterima sebagai mahasiswa UBSI, tepatnya pada acara pengenalan mahasiswa baru (maba).

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan  oleh UBSI untuk para mahasiswa baru adalah Seminar Motivasi (SEMOT).

“Melalui  SEMOT, UBSI berupaya menebar energi positif kepada para mahasiswa baru, agar mereka bersemangat untuk menempuh kegiatan perkuliahan di UBSI dan meraih prestasi sebaik mungkin, berupaya lulus tepat waktu, dan meraih berbagai prestasi akademik maupun non-akademik,” kata Wakil Rektor II Bidang Non-Akademik,  Suharyanto dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu  (26/9).

Ia menjelaskan, SEMOT untuk mahasiswa baru UBSI tahun kuliah 2020/2021 dilaksanakan pada tanggal 13 September 2020.   SEMOT yang digelar secara online itu diikuti lebih dari 9 ribu mahasiswa baru kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) tahun akademik 2020/2021. Mereka berasal dari seluruh Fakultas dan Program Studi (Prodi) yang ada di kampus UBSI.

Pada SEMOT  kali ini, kampus UBSI mengadakan Quiz Seminar Motivasi  Live di Youtube dengan akun 'KuliahBSIAja'. Selain itu ada hadiah doorprize, berupa laptop dan smartphone serta puluhan souvenir kampus yang  menarik lainnya.

“SEMOT bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa baru melewati masa transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa baru dengan lingkungan baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan, khususnya di Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI),” jelasnya.

Ia menambahkan, SEMOT kampus UBSI tahun 2020  mengusung  tema ‘New Generation’.  Melalui tema tersebut, diharapkan  seluruh mahasiswa baru kampus UBSI akan menumbuhkan motivasi dan bergerak untuk meraih masa depan yang diharapkannya dan meninggalkan semua kebiasaan buruk semasa bersekolah sebelum resmi memulai pendidikan di perguruan tinggi sebagai generasi yang baru.

SEMOT tahun 2020 menghadirkan nara sumber Aan Rahman dan Ziko & Dipo selaku Ceo & Founder Garasi Drift.  Ziko Harnadi dan Dipo Dwiki, yang merupakan youtuber kakak-beradik,  memberikan inspirasi kepada ribuan mahasiswa baru UBSI yang mengikuti SEMOT secara daring agar dapat fokus mengembangkan kreativitas dan inovasi di bidang Youtube serta sukses ketika masih muda. 

Menurutnya, dengan memiliki kreativitas dan inovasi,  generasi baru seperti mahasiswa baru kampus UBSI dapat membantu pertumbuhan perekonomian negara di Indonesia.

“Tahun ini saya datang bukan hanya untuk memperkenalkan akun youtube saya tetapi juga untuk menginspirasi. Semoga apa yang kami sampaikan dapat memotivasi mahasiswa-mahasiswa baru kampus UBSI,” kata Ziko.

Dalam kesempatan itu,  Dipo memberikan tips, tiga  hal penting sebelum membuat akun youtube, yakni memperhatikan konten, market dan differentiation.

"Konten yang dibuat harus memiliki konsep yang menarik, bermanfaat dan harus sesuai passion, lalu menganalisa market dan kompetitor yang ada di market tersebut, dan poin terakhir yakni memiliki perbedaan yang positif dibandingkan dengan kompetitor," tandasnya.

Ia menambahkan, setelahmembuat akun youtube dan berjalan,  selanjutnya hal yang perlu diperhatikan adalah  konsisten, improvement dan terakhir mencari tahu factor  viralnya.

Kegiatan SEMOT itu mendapatkan respons positif dari mahasiswa baru UBSI, antara lain Ajeng Tri Asih Tungga Dewi. “SEMOT ini sangat bagus, menampilkan pembicara dan motivator yang sangat memotivasi sekali.  Apalagi pembicaraan mengenai Adsense youtube yang menurut saya sangat menarik. Lalu untuk quiz onlinenya seru banget, bikin excited dan deg-degan juga,” ungkap  mahasiswi baru Program Studi Teknologi Informasi, Program S1 dari kampus UBSI Jakarta itu.

Komentar positif lainnya juga disampaikan oleh mahasiswa baru program studi Teknologi Informasi, Program S1 dari Kampus UBSI BSD, Tommy Adam. “Terima kasih UBSI. Seminar motivasinya sangat seru dan asyik.  Obrolannya pun anak muda banget. Begitu pula motivatornya,   penyampaiannya sangat baik.  Saya  jadi  termotivasi untuk hidup lebih maju  ke depannya dan menjadi orang yang lebih baik lagi,” kata Tommy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement