Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Sebagian Ayat Alquran yang Gambarkan Kondisi Kiamat Kelak 

Sabtu 26 Sep 2020 18:38 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Ayat Alquran menggambarkan kondisi kelak pada hari kiamat.  Ilustrasi kiamat.

Ayat Alquran menggambarkan kondisi kelak pada hari kiamat. Ilustrasi kiamat.

Ayat Alquran menggambarkan kondisi kelak pada hari kiamat.

REPUBLIKA.CO.ID,  Oleh Imam Besar Masjid Istilqlal Jakarta, Prof KH Nasaruddin Umar. 

lustrasi hari kiamat di dalam Alquran dilukiskan bermacam-macam. Meskipun demikian satu sama lain semua persamaan bahwa hari kiamat itu hari yang dahsyat (yaumun 'adhim), betul-betul sangat mengerikan. 

Ungkapan Alquran tentang hari kiamat antara lain sebagai berikut: 

Baca Juga

يَوْمَ هُمْ بَارِزُونَ ۖ لَا يَخْفَىٰ عَلَى اللَّهِ مِنْهُمْ شَيْءٌ ۚ لِمَنِ الْمُلْكُ الْيَوْمَ ۖ لِلَّهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارِ

"(yaitu) hari (ketika) mereka keluar (dari kubur); tiada suatu pun dari keadaan mereka yang tersembunyi bagi Allah. (Lalu Allah berfirman): "Kepunyaan siapakah kerajaan pada hari ini?" Kepunyaan Allah Yang Mahaesa lagi Mahamengalahkan". (QS Gafir [40]:16). 

يَوْمَ تُوَلُّونَ مُدْبِرِينَ مَا لَكُمْ مِنَ اللَّهِ مِنْ عَاصِمٍ ۗ وَمَنْ يُضْلِلِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ هَادٍ

"(yaitu) hari (ketika) kamu (lari) berpaling ke belakang, tidak ada bagimu seorang pun yang menyelamatkan kamu dari (azab) Allah, dan siapa yang disesatkan Allah, niscaya tidak ada baginya seorang pun yang akan memberi petunjuk." (QS Gafir [40]: 33).

اسْتَجِيبُوا لِرَبِّكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ يَوْمٌ لَا مَرَدَّ لَهُ مِنَ اللَّهِ ۚ مَا لَكُمْ مِنْ مَلْجَإٍ يَوْمَئِذٍ وَمَا لَكُمْ مِنْ نَكِيرٍ

"Patuhilah seruan Tuhanmu se belum datang dari Allah suatu hari yang tidak dapat ditolak kedatangannya. Kamu tidak memperoleh tempat berlindung pada hari itu dan tidak (pula) dapat mengingkari (dosa-dosamu)." (QS al-Syura [42]:47). 

يَوْمَ لَا يُغْنِي مَوْلًى عَنْ مَوْلًى شَيْئًا وَلَا هُمْ يُنْصَرُونَ

"Yaitu hari yang seorang karib tidak dapat memberi manfaat kepada karibnya sedikitpun, dan mereka tidak akan mendapat pertolongan." (QS al-Dukhan [44]:41). 

يَوْمَئِذٍ يَوَدُّ الَّذِينَ كَفَرُوا وَعَصَوُا الرَّسُولَ لَوْ تُسَوَّىٰ بِهِمُ الْأَرْضُ وَلَا يَكْتُمُونَ اللَّهَ حَدِيثًا

"Di hari itu orang-orang kafir dan orang-orang yang mendurhakai rasul, ingin supaya mereka disamaratakan dengan tanah, dan mereka tidak dapat menyembunyikan (dari Allah) sesuatu kejadian pun." (QS al-Nisa' [4]:42).

Ayat-ayat tersebut menggambarkan betapa dahsyatnya hari kia mat. Satu-satunya yang bisa mem beri pertolongan ialah syafaatnya Nabi Muhammad SAW. Mereka juga sepakat bahwa datangnya kiamat hanya Allah SWT yang tahu. 

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 

TERPOPULER