Sabtu 26 Sep 2020 17:08 WIB

Kapan Waktu yang Tepat untuk Sadar Potensi Diri Sendiri?

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah percaya kemampuan diri sendiri.

Millennial Coach, Ripan Karlianto tampil menjadi narasumber Seminar Inspirasi (SERASI) yang diadakan oleh STMIK Nusa Mandiri untuk mahasiswa baru tahun kuliah 2020/2021.
Foto: Dok STMIK Nusa Mandiri
Millennial Coach, Ripan Karlianto tampil menjadi narasumber Seminar Inspirasi (SERASI) yang diadakan oleh STMIK Nusa Mandiri untuk mahasiswa baru tahun kuliah 2020/2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seminar Inspirasi (SERASI) di kampus Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Nusa Mandiri  yang bertajuk FLASH (Fun, Collaborate, Action, Society, and Humanity) kembali hadir dalam bentuk webinar (daring) melalui Youtube channel Nusa Mandiri. 

Kali ini SERASI  yang diadakan dalam menyambut mahasiswa baru kampus STMIK Nusa Mandiri menghadirkan Millennial Coach, Ripan Karlianto. Acara itu digelar pada Sabtu (12/9).

photo
Millennial Coach, Ripan Karlianto menegaskan, hal pertama yang perlu dilakukan yakni percaya dengan kemampuan diri sendiri.  (Foto: Dok STMIK Nusa Mandiri)

Pria yang merupakan alumni STMIK Nusa Mandiri dan saat ini menjabat sebagai training manager di salah satu perusahaan startup di Indonesia itu  membagikan motivasi ke mahasiswa baru kampus STMIK Nusa Mandiri kapan waktu yang tepat untuk memulai dan sadar dengan potensi diri sendiri. 

“Saat ini teman-teman mahasiswa baru kampus STMIK Nusa Mandiri seharusnya sadar, ini adalah waktu yang tepat untuk teman-teman memulai,” jelas pria yang pernah bekarir sebagai Senior Trainer bersama Merry Riana seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (25/9).

 

Ia mengatakan, bahwa seharusnya para mahasiswa  bukan hanya bangga dengan kampus STMIK Nusa Mandiri tetapi terhadap diri sendiri juga.

“Kita tidak perlu membandingkan kampus STMIK Nusa Mandiri dengan perguruan tinggi negeri atau swasta lainnya, tapi poinnya adalah tergantung dari kitanya. Apakah kita ingin menjadi besar di sebuah instansi/kampus yang sudah besar, walaupun di tempat teman-teman nanti berkarir belum ada yang mengenal Nusa Mandiri. Tapi yang membuat kampus STMIK Nusa Mandiri ini besar dengan sadar akan potensi diri sendiri,” ujarnya.

Ripan menegaskan, hal pertama yang perlu dilakukan yakni percaya dengan kemampuan diri sendiri, lalu selanjutnya orang di sekitar akan mempercayai kemampuan yang sudah dimiliki teman-teman mahasiswa.

“Selain itu, teman-teman harus sadar akan potensi diri sendiri. Teman-teman mahasiswa baru di Kampus STMIK Nusa Mandiri juga harus tahu  apa yang teman-teman ingin perjuangkan. Jadi, apa yang sedang teman-teman perjuangkan? Buat apa teman-teman melanjutkan kuliah di STMIK Nusa Mandiri?” bebernya.

photo
Millennial Coach, Ripan Karlianto mengemukakan, sejak awal mahasiswa baru STMIK Nusa Mandiri harus tahu apa yang ingin mereka perjuangkan.  (Foto: Dok STMIK Nusa Mandiri)

Pria berusia 29 tahun ini menjelaskan, jika dari awal tidak tahu apa yang ingin diperjuangkan saat ini, maka ke depannya pun tidak akan tahu apa yang didapatkan. Sedangkan yang sudah tahu apa yang ingin diperjuangkan, itu belum tentu mencapai apa yang diperjuangkan.

“Apa yang harus kita lakukan pertama kali adalah merancang strategi serta cara menajamkan potensi diri dengan strategi yang dimiliki. Walaupun dalam satu rencana gagal, ketika kita punya strategi, kita akan mendapatkan jalan keluar pada rencana selanjutnya,” ungkap Putri Tasya, Runner Up 2 Puteri Kebudayaan Indonesia 2019, yang menjadi salah satu peserta SERASI sebagai mahasiswa baru kampus STMIK Nusa Mandiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement