Jumat 25 Sep 2020 23:22 WIB

AHY Minta Pemerintah Jangan Gagal Fokus Atasi Covid-19

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andri Saubani
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan masukan dan pandangannya terkait persoalan pandemi Covid-19. AHY meminta agar pemerintah tidak gagal fokus dalam mengatasi pandemi covid-19

"Kami sering mengingatkan; jangan gagal fokus. Jangan terlalu fokus pada asapnya, tetapi lupa memadamkan apinya," kata AHY dalam pidatonya yang disiarkan secara virtual di salah satu stasiun televisi nasional yang dikutip Republika, Jumat (25/9).

Baca Juga

Lebih lanjut, AHY menjelaskan, bahwa api yang ia maksud yaitu pandemi Covid-19. Sementara asapnya yaitu  dampak ekonomi sosial yang menyertainya, seperti  pengangguran, kemiskinan, dan ketimpangan.

"Tetapi sekarang, setelah persoalan pandemi, dan tekanan ekonomi sudah semakin kompleks, maka pilihan antara pembukaan aktivitas ekonomi, dan upaya menekan penyebaran virus, layaknya dua sisi mata uang," ujarnya.

Menurutnya, wilayah yang termasuk ke dalam zona hijau agar bisa dibuka aktivitas ekonominya, dan dijadikan penyangga ekonomi. Sementara, wilayah yang masih termasuk zona kuning atau merah perlu ditingkatkan lagi kedisiplinan semua pihak.

"Ekonomi dan kesehatan masyarakat, kita selamatkan bersama-sama, agar dampak yang ditimbulkan tidak semakin parah, dan bersifat multidimensional," ucapnya.

"Kami optimis, jika kita bersatu, dan bekerja bersama dalam menghadapi pandemi ini, maka dua-duanya bisa kita selamatkan. Baik manusianya, maupun ekonominya. Jangan ada yang dikorbankan. Jangan sampai, krisis ini menyengsarakan rakyat kita, lebih dalam lagi," imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement