Sunday, 15 Rabiul Awwal 1442 / 01 November 2020

Sunday, 15 Rabiul Awwal 1442 / 01 November 2020

Indonesia-Thailand Gelar Pentas Virtual Sendratari Ramayana

Jumat 25 Sep 2020 23:52 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Sendratari Ramayana

Sendratari Ramayana

Foto: Antara
Pertunjukan sebagai bagian dari peringatan 70 tahun hubungan Indonesia Thailand.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelompok tari dari Indonesia dan Thailand menggelar pertunjukan bersama sendratari Ramayana secara virtual pada Kamis (24/9). Pertunjukan virtual ini sebagai bagian dari peringatan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Kelompok Wayang Orang Bharata Jakarta dan Paripurna Bali menampilkan tarian mereka secara virtual. Mereka berkolaborasi dengan Kelompok Tari Kementerian Kebudayaan Thailand ,yang melakukan pertunjukan langsung di Teater Nasional Thailand di Bangkok.

"Kontak budaya telah berlangsung jauh sebelum 1950 ketika Indonesia dan Thailand secara resmi memulai hubungan dan kerja sama diplomatik. Kisah Ramayana dari kedua negara merupakan bukti nyata sejarah panjang hubungan kebudayaan tersebut," tulis KBRI Bangkok dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Jumat (25/9).

Pergelaran bertema Two Nations: One Dance tersebut difasilitasi oleh Kementerian Kebudayaan dari kedua negara. Pertunjukan dilakukan dengan mmemperhatikan protokol kesehatan terkait pencegahan wabah COVID-19.

Rekaman pertunjukan juga disiarkan melalui beberapa platform media sosial, yakni YouTube, Facebook, dan Instagram.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim dalam video sambutannya menyebut bahwa pandemi yang tengah berlangsung saat ini menuntut kedua negara lebih kreatif dalam menjalankan berbagai kerja sama, termasuk dalam bidang kebudayaan.

Sementara itu, Menteri Kebudayaan Thailand Ittiphol Khunpluem mengatakan bahwa acara bersama tersebut menegaskan kedekatan rasa persatuan antara Indonesia dan Thailand.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA