Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Masyarakat Apresiasi Gerakan Saling Berbagi Indonesia Care

Jumat 25 Sep 2020 20:06 WIB

Red: wahidah

Warga mengambil bantuan pangan dalam program Gerakan Saling Berbagi Indonesia Care di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (25/9).

Warga mengambil bantuan pangan dalam program Gerakan Saling Berbagi Indonesia Care di Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (25/9).

Foto: Dok: Indonesia Care
Kegiatan ini diharapkan digelar setiap hari di masa pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Matahari pagi ini masih malu-malu bersinar, tapi puluhan ibu-ibu sudah mengantre panjang di jalan akses menuju Kodiklat TNI Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (25/9).

Ibu-ibu yang mayoritas mengenakan daster tersebut sedang menunggu giliran memilih bahan pangan yang dibagikan secara gratis oleh lembaga kemanusiaan Indonesia Care. Bantuan bahan pangan tersebut merupakan hasil donasi yang dihimpun dari masyarakat.

Sepekan sebelumnya, Indonesia Care telah menggelar kegiatan serupa di Sunter, Jakarta Utara. Kali ini, giliran wilayah Pamulang, Tangerang Selatan yang menjadi lokasi kegiatan.
"Harapannya tentu dapat menginspirasi masyarakat untuk meneruskan apa yang kami sebut Gerakan Saling Berbagi (GSB) ini," ujar Direktur Program Indonesia Care, Mega Wati melalui keterangan tertulis.

Kegiatan GSB ini akan terus dilanjutkan ke lokasi-lokasi lain yang memiliki banyak masyarakat prasejahtera. "Mereka paling terasa dampaknya akibat penerapan PSBB kedua ini," kata Mega.

Wanita berhijab ini mengungkapkan, paket bahan pangan yang disalurkan dari para donatur itu meliputi sayur-mayur, beras, lauk-pauk seperti tempe dan tahu, juga roti dan mi instan. "Bisa pula nanti ditambahkan susu dan buah," tambah aktivis HMI ini.

Ketua RT 01 RW 02 Kelurahan Buaran, Pamulang, Tangerang Selatan, Sumantri mengapresiasi kegiatan GSB. Ia berharap, kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap hari, terutama saat pandemi masih berlangsung. "Kasihan mereka merasakan sekali dampaknya, terutama yang bekerja di sektor harian," ungkapnya.

Isi dari paket bantuan pun, ia harapkan bisa lebih variatif. Bukan hanya satu jenis tapi beragam, mulai dari beras, sayuran hingga lauk-pauk. "Kalau bisa jangan satu macam saja," katanya.

Salah seorang penerima manfaat, Mak Ecin (90 tahun) menyampaikan terima kasih kepada para dermawan yang sudah bersedia berbagi dengan dirinya. Ia pun mendoakan para donatur agar mendapat kemudahan rezeki dan kesehatan.

Bagi masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi dalam program GSB, menurut Mega, bisa menyalurkan langsung kepada warga yang membutuhkan di lingkungan masing-masing atau bisa juga datang ke lokasi kegiatan GSB dengan membawa bahan pangan yang ingin dibagikan. "Bisa juga dengan dana melalui rekening Indonesia Care di BNI Syariah 7000-555-292.’’ 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA