Jumat 25 Sep 2020 19:14 WIB

Piala AFF akan Digelar 11 April Hingga 8 Mei 2021

Itu menyusul penundaan turnamen Piala AFF pada tahun ini akibat pandemi.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Trofi AFF Suzuki Cup.
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Trofi AFF Suzuki Cup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) mengumumkan pada Jumat (25/9) bahwa Piala AFF 2020 akan digelar mulai 11 April hingga 8 Mei tahun 2021. Ini menyusul penundaan turnamen tahun ini akibat pandemi Covid-19.

Keputusan terbaru ini diambil dengan niat kuat untuk menggelar kompetisi dalam format penuh, yakni dimainkan di kandang dan tandang di negara-negara kualifikasi di Asia Tenggara. Asalkan, kondisi yang berkaitan dengan Covid-19 memungkinkan.

"Kami senang dengan dukungan positif yang kami dapatkan dari asosiasi anggota kami. Kami dapat menemukan jendela yang cocok tahun depan untuk mengadakan turnamen yang paling bisa kami antisipasi," kata Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth, dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id, Jumat (25/9).

Dalam konsultasi dengan federasi sepak bola kawasan dan otoritas terkait lainnya, Komite Satuan Tugas Piala AFF telah menetapkan bahwa tanggal di atas paling sesuai untuk mengakomodasi jadwal sepak bola domestik. Komite akan terus memantau situasi dengan cermat untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan dari semua pemain, pelatih, mitra, penggemar, dan publik.

"Meskipun kami sangat menyadari bahwa perang melawan pandemi global belum berakhir. Kami sangat optimistis untuk Piala Suzuki AFF 2020 berlangsung dalam format penuh. Ini karena kami berharap dapat memberikan yang terbaik dari ASEAN di turnamen tahun depan," jelas Sameth.

Sameth mengatakan, AFF berharap pengumuman tanggal turnamen 2021 ini akan memberikan kejelasan dalam perencanaan untuk mitra komersial AFF, termasuk sponsor dan penyiar media.

"AFF dan asosiasi anggota kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua penggemar, pemain, pelatih, ofisial, media, dan mitra lainnya atas dukungan dan komitmen mereka yang tak tergoyahkan di tengah masa-masa sulit ini. Kami menantikan AFF Suzuki Cup yang akan menyatukan seluruh Asia Tenggara saat bisa berkumpul lagi," jelas Sameth.

Piala AFF awalnya dijadwalkan berlangsung pada November dan Desember tahun ini. Piala AFF adalah turnamen sepak bola terbesar dan paling bergengsi di Asia Tenggara dan diatur untuk melihat tim nasional 'A' dari wilayah tersebut bersaing untuk gelar bergengsi. AFF memastikan akan terus bekerja sama dengan berbagai asosiasi anggota dan mitra untuk memberikan pembaruan lebih lanjut tentang turnamen 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement