Jumat 25 Sep 2020 15:26 WIB

Dalam Sholat Jumat Ada Pahala Senilai Kurban

Di dalam sholat Jumat ada pahala senilai pahala orang yang berkurban.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah umat muslim melaksanakan ibadah Sholat Jumat
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Sejumlah umat muslim melaksanakan ibadah Sholat Jumat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam diwajibkan melaksanakan sholat Jumat berjamaah bila tidak ada udzhur syar'i seperti pandemi Covid-19 yang membahayakan jiwa. Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa di dalam sholat Jumat ada pahala senilai pahala orang yang berkurban.

Abu Hurairah menceritakan Rasulullah Saw bersabda: "Barang siapa yang mandi seperti mandi janabah pada hari Jumat, kemudian ia pergi ke masjid pada waktu yang pertama, maka pahalanya seperti pahala berkurban seekor unta."

"Siapa yang pergi ke masjid pada waktu kedua, maka pahalanya seperti berkurban seekor sapi. Dan siapa yang pergi ke masjid pada waktu yang ketiga, maka pahalanya seperti berkurban seekor kambing. Dan siapa yang pergi ke masjid pada waktu yang keempat, maka pahalanya seperti pahala berkurban dengan seekor ayam. Dan siapa yang tiba di masjid pada waktu yang kelima, maka pahalanya seperti berkurban sebutir telur."

"Apabila imam telah keluar, para malaikat hadir untuk mendengarkan khutbah (dan tidak ada lagi yang mencatat setelah itu)." (HR Muslim).

 

Nabi Muhammad SAW dalam hadis lainnya menjelaskan betapa pentingnya sholat berjamaah. Pahala yang diberikan Allah SWT kepada Muslim yang melaksanakan sholat berjamaah juga berlipat ganda.

Rasulullah bersabda, "Sholat seorang bersama seorang lebih baik daripada sholat sendirian, dan sholatnya bersama dua orang lebih baik daripada sholatnya bersama seorang. Dan bila lebih banyak maka yang demikian lebih disukai oleh Allah 'Azza wa Jalla." (HR Bukhari dan Muslim).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement