Jumat 25 Sep 2020 14:21 WIB

Jabar Siap Sediakan Hotel untuk Isolasi Mandiri OTG

Untuk realisasinya, Pemprov Jabar butuh persiapan matang terlebih dahulu.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Fuji Pratiwi
Ruang kamar sebuah hotel di Bandung, Jawa Barat (ilustrasi). Pemprov Jawa Barat menyatakan siap menyediakan hotel sebagai tempat isolasi mandiri pasien positif Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan.
Foto: hotel bandung
Ruang kamar sebuah hotel di Bandung, Jawa Barat (ilustrasi). Pemprov Jawa Barat menyatakan siap menyediakan hotel sebagai tempat isolasi mandiri pasien positif Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyatakan siap merespons upaya Satgas Penanganan Covid-19 serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk penyediaan hotel sebagai tempat isolasi mandiri pasien positif Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan. Selain itu, hotel juga disediakan untuk dokter dan tenaga kesehatan.

Kepala Dinasi Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Dedi Taufik menyampaikan, Disparbud Jabar sudah membuka komunikasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jabar dalam persiapan mekanismenya. Secara prinsip, pihak PHRI menyambut positif program dari pemerintah pusat ini.

Baca Juga

"Selain karena pertimbangan sisi kemanusiaan, kebijakan ini juga menjadi peluang baru agar kinerja usaha perhotelan bisa bertahan di tengah pandemi," ujar Dedi saat dihubungi, Jumat (25/9).

Namun, kata Dedi, untuk realisasinya, membutuhkan persiapan yang matang terlebih dahulu. Karena, ada banyak hal yang harus dipenuhi. Di antaranya, penerapan standar protokol kesehatan khusus untuk perawatan.

Ia belum bisa mengungkapkan jumlah pasti berapa hotel di Jawa Barat yang terlibat dalam program ini. Namun, ada beberapa hotel sudah mengajukan penawaran kepada dinas kesehatan setempat. Salah satunya, di Kota Bogor.

Targetnya hotel yang berpartisipasi bisa merata di semua daerah. Namun, kemungkinan untuk saat ini Pemprov Jabar akan fokus di zona merah. "Mudah-mudahan persiapan, koordinasi dengan pengusaha hotel termasuk dinas terkait dan kementerian bisa berjalan cepat dan baik," kata Dedi.

Di Jawa Barat sendiri, kata dia, terdapat hotel yang sempat dijadikan tempat menginap bagi para tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19. Yakni Grand Preanger Hotel di Kota Bandung. Sejumlah hotel pun, sempat disiapkan jika dibutuhkan lebih banyak tempat perawatan pasien Covid-19.

Jumlah tempat tidur di ruang isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19 se-Jabar mencapai 4.094. Total yang melayani pasien Covid-19 di Jabar ada 322 rumah sakit. Keterisiannya mencapai 44,33 persen pada pekan lalu. 

Di Kota Depok keterisian ruang isolasi di rumah sakit mencapai 73,08 persen, Kota Bekasi 67,60 persen, dan Kabupaten Bekasi 55,60 persen. Di Kabupaten Bogor keterisian ruang isolasi di rumah sakitnya mencapai 52,21 persen, di Kota Bogor 49,83 persen, sedangkan di Kota Bandung sebagai Ibukota Jabar terisi 31,52 persen.

Di Jabar pun terdapat sekitar 998 tempat tidur di pusat isolasi nonrumah sakit kabupaten/kota. Kemudian ada sekitar 190 tempat tidur di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jabar. Kapasitas BPSDM Jabar sendiri dapat mencapai 600 tempat tidur. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement