Jumat 25 Sep 2020 13:52 WIB

Islam-Kristen di Jerman, Bersama Diskusikan Agama dan Tuhan 

Komunitas Islam dan Kristen berdialog diskusikan agama dan Tuhan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nashih Nashrullah
Komunitas Islam dan Kristen berdialog diskusikan agama dan Tuhan. Salah satu sudut kota di Jerman.
Foto: EPA-EFE/RONALD WITTEK
Komunitas Islam dan Kristen berdialog diskusikan agama dan Tuhan. Salah satu sudut kota di Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Dialog Kristen-Muslim telah menjadi bagian yang kuat dari Majelis Katolik Jerman dua tahunan, Katholikentag, selama 20 tahun terakhir.  Tahun ini, di Mannheim, para uskup Katolik dari Mesir dan Irak serta para imam dari Palestina dan India mengambil bagian dalam debat tersebut.   

Talat Kamran terlihat puas saat dia sampai di akhir percakapan selama 90 menit dia telah berbicara dengan Richard Nennstiel, seorang biarawan Dominika dari Hamburg, tentang mistisisme Kristen dan Muslim.  Sekitar 70 orang telah mendengarkan apa yang mereka katakan.    

Baca Juga

"Seperti yang saya pahami. Seorang Kristen dan Muslim sama-sama dapat memiliki pengalaman yang sama sebagai hasil dari mistisisme jika mereka dengan tulus mencarinya. Ini tentang keahlian yang ada di masing-masing dan kita masing-masing," kata Kamran seorang Muslim dari Mannheim dilansir dari en.qantar.de, Jumat (25/9). 

Dialog Kristen-Muslim adalah bagian dari program Majelis Katolik, Katholikentag, dan sekarang menjadi bagian dari rutinitas pertemuan. Tahun ini, umat Kristen dan Muslim mempersembahkan sekitar 40 acara, termasuk hari pembukaan masjid dan persembahan yang berlanjut sepanjang akhir pekan. 

Di Sekolah Johannes Kepler di pinggir pusat kota, misalnya, ada ruang untuk keheningan dan doa, kedai teh mannheim dan tenda kerajaan Maroko di halaman sekolah tempat orang bisa bertemu. Polisi masuk ke kedai teh untuk minum saat mereka memeriksa bahwa semuanya baik-baik saja.  

Kamran telah tinggal di Mannheim selama lebih dari 30 tahun. Kota adalah rumahnya.  Dia seorang Muslim Sunni yang lahir di Istanbul dan dia adalah kepala Institut Mannheim untuk Integrasi dan Dialog Antar-Agama. Fakta bahwa umat Katolik tertarik pada Islam dan ingin berbicara dengannya membuatnya sangat antusias. 

"Saya merasa senang dapat menangani semua aspek agama selama Katholikentag. Tapi itu tepat untuk kota kami," katanya. 

Pusat Mannheim dikelilingi pabrik industri dan Muslim adalah bagian lama dari kota dan pemandangan jalanannya.  Hingga 50 ribu Muslim tinggal di sini, banyak dari mereka di daerah yang dikenal sebagai Istanbul kecil disitulah Sekolah Johannes Kepler berada. Beberapa ratus meter jauhnya dan tepat di seberang jalan kecil dari Gereja Perawan Tercinta adalah Masjid Yavuz Sultan Selim.  

Pembangunan masjid pada ‘90-an memicu perdebatan di seluruh negeri.  Ini masih menjadi salah satu bangunan keagamaan Muslim terbesar di Jerman.  Perdebatan itulah yang mendorong Talat Kamran untuk terlibat dalam dialog, baik tentang masalah sehari-hari maupun tentang masalah prinsip teologis.  

"Dulu, kami sudah memiliki semua masalah yang hanya dibahas sekarang di seluruh Jerman. Dan kami menangani mereka dengan baik dan berhasil menjelaskan apa sebenarnya Islam itu," katanya.   

Dialog Kristen-Muslim dimulai secara resmi di Katholikentag pada tahun 1992, yang bertempat di Karlsruhe. Komite Sentral Katolik Jerman, organisasi utama dari anggota awam gereja dan penyelenggara acara, bekerja dengan Keuskupan Agung Freiburg, yang menjadi tuan rumah tahun itu, untuk mengatur dialog pada garis dialog Kristen-Yahudi yang sudah ada selama beberapa tahun.  

Acara pertama dihadiri tamu-tamu terkemuka, termasuk presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antar-Agama, Kardinal Francis Arinze dan Kepausan Nuntius di Jerman serta para anggota terkemuka Komite Sentral.  

Arinze menggambarkan situasi Muslim di Jerman sebagai contoh dan mendorong kedua belah pihak untuk bergabung dalam dialog, meskipun dia juga menyebutkan situasi yang sering sulit dari minoritas Kristen di negara-negara Muslim. 

Saat itu belum ada masjid di Karlsruhe yang bisa menjadi mitra umat Katolik mereka harus pergi ke Pforzheim terdekat.

Sekarang, dialog menjadi sangat normal sehingga penyelenggara bahkan tidak menyadari bahwa itu adalah ulang tahun kedua puluh dari acara pertama itu. 

Mungkin tidak spektakuler tahun ini di Mannheim, tapi itu lebih luas dari sebelumnya.  Kisarannya mulai dari Islam dasar hingga spiritualitas dan termasuk topik-topik seperti larangan mengambil minat, peran wanita, dan belas kasihan sebagai nama kunci Tuhan. 

Tetapi bidang lain yang menjadi perhatian adalah "Takut pada Yang Lain," perasaan anti-Kristen dan anti-Muslim, masalah-masalah orang Kristen di tanah Muslim.  Salah satu sorotan adalah partisipasi para uskup dari Mesir dan Irak serta para imam dari Palestina dan India.  

Berbicara dengan Muslim, bukan tentang mereka. Di sisi Katolik, penanggung jawab program dan organisasi adalah Pastor Hans Vöcking, seorang anggota White Fathers yang bekerja selama bertahun-tahun di dunia Arab dan sekarang berada di Brussel.  "Dialog di Katholikentag telah berkembang," katanya.   

Pengalaman tahun-tahun sebelumnya telah menunjukkan kepadanya bahwa sulit untuk mendapatkan mitra Muslim lokal, dan bahwa orang Kristen yang tertarik sering kali akhirnya berbicara satu sama lain. 

Sekarang Vöcking memuji pekerjaan persiapan yang baik yang dilakukan di Mannheim, yang telah disumbangkan gereja Katolik dan Lutheran, dengan kontak mereka dengan komunitas Muslim.  Dia mengatakan penting bahwa Muslim terlibat tidak cukup hanya berbicara tentang Islam, seseorang perlu berbicara dengan Muslim.  

photo
Gereja Martha Lutheran di Berlin, Jerman menjadi lokasi sholat Jumat umat Muslim karena keterbatasan ruang di masjid imbas Covid-19, Jumat (22/5). - (Reuters/Fabrizio Bensch)

Radikalisme 

Itulah yang terjadi di kamar 109 di Sekolah Johannes Kepler. Orang terakhir dalam sesi tanya jawab menghadapkan Talat Kamran dengan peringatan untuk tidak mencampurkan agama, dan dia menuduh Islam agresif.

Kamran menanggapi dengan merujuk pada perdebatan saat ini tentang posisi ekstremis salafi di Jerman, dan berbicara tentang interpretasi yang salah tentang Islam. Kaum mistik dalam agamanya, katanya, menawarkan posisi yang berbeda, bertentangan dengan kelompok kekerasan atau ekstremis semacam itu.  Mendengar apa yang dia katakan, Anda dapat dengan mudah melihat akarnya dalam tasawuf Turki.  

Masalah radikalisme dan kekerasan di kalangan umat Islam juga muncul dalam program utama hanya untuk mengambil beberapa contoh, ketua kelompok Demokrat Kristen di parlemen Jerman, Volker Kauder, berbicara dalam sesi tentang penganiayaan terhadap orang Kristen, berbicara  tentang situasi di Mesir dan memperingatkan "musim dingin Arab" setelah "Musim Semi Arab". 

Dan Gesine Schwan, yang pernah menjadi kandidat Sosial Demokrat untuk kepresidenan Jerman, memperingatkan tentang "benturan budaya" yang timbul dari debat Jerman saat ini tentang Salafi. Keingintahuan dan ketidaktahuan. Tidak lima menit dari sekolah ada masjid, Bendera Jerman dan Turki berkibar di depan dan ada spanduk besar dengan moto Katholikentag, Berani mencoba awal yang baru. 

Di sebelah kiri adalah "pintu masuk wanita", di sebelah kanan adalah "pintu masuk utama" dan ada toko roti Turki di antaranya.  Di lantai satu, Melahat Kurtaran baru saja menyelesaikan tur keliling gedung.  Sekitar 20 tamu, kebanyakan wanita, mendengarkan, dan seperti kebanyakan peserta Katholikentag, mereka memiliki ransel khusus di punggung mereka.  

Untuk saat ini, mereka memakai kaus kaki.  Mereka bertanya tentang pemisahan pria dan wanita di masjid, tentang puasa, alkohol, aturan diet dan ziarah ke Makkah serta bagaimana Muslim di utara lingkaran kutub menentukan waktu yang tepat untuk dimulainya Ramadhan.

Melahat Kurtaran telah mengajak beberapa kelompok hari ini, tetapi dia menjawab semua pertanyaan dengan sabar dan kadang-kadang menenangkan anak-anak dalam kelompok itu.  Kurtaran, yang memakai jilbab dan yang bahasa Jermannya memiliki aksen Mannheim yang kental, menjelaskan tulisan Arab di antara ornamen rumit di dinding masjid.  Dia menceritakan perjalanannya sendiri ke Mekah dengan suaminya enam tahun lalu. 

Ruang sholat utama masjid memiliki ruangan untuk 1.000 orang.  Saat ini, beberapa pengunjung Katholikentag muda sedang duduk dengan tenang dan hampir merenung di atas karpet tebal ada satu orang yang berdoa di dekat garis depan. 

"Menutup kesenjangan pengetahuan tentu saja ada hal-hal yang memisahkan kami. Tapi kita perlu memiliki toleransi dan menghormati agama orang lain," kata Volker Walter yang berusia 60 tahun dari Ludwigsburg sambil mengenakan kembali sepatunya di akhir tur. 

Dia dan istrinya mengunjungi masjid di Jerman untuk pertama kalinya hari ini, meskipun dia mengunjunginya selama perjalanan ke Mesir.  Dia sangat tertarik pada kaligrafi, cara ruangan itu dihiasi dengan tulisan Arab dan keyakinan yang kuat pada satu Tuhan sebagai prinsip iman Muslim.  

"Penting bagi kami untuk terus berdialog dengan Muslim karena kami hidup bersama mereka dan kami memiliki banyak kesamaan dalam tradisi Kristen dan Muslim," katanya.  

Haura Hafizhah

Sumber : https://en.qantara.de/content/christian-muslim-dialogue-in-germany-together-in-the-search-for-god  

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement