Tuesday, 3 Rabiul Awwal 1442 / 20 October 2020

Tuesday, 3 Rabiul Awwal 1442 / 20 October 2020

Pencuci Mulut Peach Gum yang Disebut Baik untuk Kulit

Jumat 25 Sep 2020 13:39 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah

Peach Gum jadi pencuci mulut yang kian populer karena rasanya enak dan bermanfaat (Foto: ilustrasi peach gum)

Peach Gum jadi pencuci mulut yang kian populer karena rasanya enak dan bermanfaat (Foto: ilustrasi peach gum)

Foto: Pixabay
Peach Gum jadi pencuci mulut yang kian populer karena rasanya enak dan bermanfaat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan pencuci mulut atau dessert peach gum tengah naik daun. Pasalnya, peach gum disebut memiliki manfaat baik bagi kesehatan kulit.

Menurut dr Eddy Karta, SpKK, peach gum atau getah pohon persik atau peach gum memang memiliki sejumlah manfaat bagi kulit. Getah pohon, beberapa di antaranya sudah diteliti dan mempunyai komposisi karbohidrat, lemak, dan protein yang baik.

Kandungan peach gum juga sehat karena kaya akan kolagen, asam amino, karbohidrat kompleks (polisakarida dan galaktosa), dan serat. Meski jika dibandingkan dengan buah persiknya, kandungan mineral dan antioksidan di dalam peach gum masih lebih sedikit.

Sebuah jurnal kedokteran tradisional China menyebutkan, polisakarida dalam peach gum mampu meningkatkan kadar antibodi di saluran kemih. Sementara, jurnal kedokteran lain menyebutkan, kandungan peach gum mampu menurunkan kadar gula darah dan trigliserida dengan mekanisme yang masih belum dipahami.

“Karena itu penikmat peach gum meyakini manfaatnya untuk kesehatan kulit, mengurangi gangguan asam lambung, melancarkan pencernaan, mengobati infeksi kemih, dan memperbaiki gula dan lemak darah,” kata Eddy kepada republika.co.id, belum lama ini.

Walaupun sehat untuk dikonsumsi, tetapi pemilik Eddy mengatakan bahwa pendapat para ahli kulit mengenai konsumsi suplemen kolagen, termasuk peach gum masih beragam. Beberapa di antaranya lebih meyakini produksi alami kolagen jauh lebih baik dari dalam tubuh dengan istirahat cukup dan pola makan seimbang.

Eddy mengungkapkan, peach gum menjadi populer karena teksturnya yang kenyal dan harum. Tak heran bila makanan ini nyaman dikonsumsi sebagai dessert karena menarik untuk dilihat dan memiliki tekstur seperti puding.

Terkait banyaknya penjual peach gum di media sosial, Eddy mengingatkan pembeli aerus memperhatikan produk. Kemudian, perhatikan pencucian sebelum pemrosesan yang bertujuan menghilangkan kotoran dan jamur yang bisa terdapat di pohon.

"Yang benar adalah peach gum dikukus atau tidak kena panas langsung untuk menjaga semaksimal mungkin kandungan nutrisinya," kata Eddy.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA