Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Peran Ilmu Biomedis di Industri Kesehatan

Kamis 24 Sep 2020 20:51 WIB

Red: Nora Azizah

Ilmu biomedis penting dalam penemuan terapi hingga penyembuhan penyakit (Foto: ilustrasi tenaga medis)

Ilmu biomedis penting dalam penemuan terapi hingga penyembuhan penyakit (Foto: ilustrasi tenaga medis)

Foto: www.freepik.com
Ilmu biomedis penting dalam penemuan terapi hingga penyembuhan penyakit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmu biomedis menjadi salah satu ujung tombak kemajuan di industri kesehatan. Peran ilmu biomedis cukup penting, khususnya dalam hal penemuan terapi baru untuk menyembuhkan penyakit.

Melinda Siswanto, M.Eng (Biomedical), Staf Pengajar Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) mengatakan bahwa biomedis berfungsi untuk memahami bagaimana tubuh manusia bekerja pada tingkat molekuler. Pengetahuan ini akan menjadi dasar penemuan dan perancangan strategi terapeutik.

“Biomedis merupakan bidang ilmu yang berfokus pada kesehatan manusia dan kesejahteraan masyarakat. Cakupan biomedis termasuk menganalisis sampel biologis, melakukan penelitian tentang penyakit manusia, berpartisipasi dalam pengembangan strategi terapeutik; seperti vaksin, obat-obatan dan perawatan medis,” kata Melinda Siswanto dalam keterangan resminya, Kamis (24/9).

Melinda menjelaskan bahwa biomedis menaungi berbagai ilmu seperti penyakit menular, kanker, epidemiologi, saraf, anatomi, fisiologi, dan lain sebagainya. Dengan perkembangan teknologi saat ini, semakin banyak yang mulai menggunakan teknologi biomedis untuk kesehatan dan membuka ilmu serta industri baru yang sering dikenal sebagaimedtech.

“Industri ini juga membantu orang awam untuk meningkatkan kualitas hidup, baik dari memonitor kondisi tubuh secara live, hingga mendapatkan akses kepada dokter atau pakar kesehatan lainnya dengan mudah," ujar Melinda..

Dia mengatakan bahwa pengembangan ilmu biomedis sendiri akan terus berinovasi sebagai langkah sentral dalam mendesain terapi dan pengobatan muktahir pada industri kesehatan. Diharapkan ke depannya ilmu biomedis dapat mencari penyelesaian masalah kesehatan yang terjadi selama ini serta pengaplikasiannya secara langsung.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA