Kamis 24 Sep 2020 20:51 WIB

Peran Ilmu Biomedis di Industri Kesehatan

Ilmu biomedis penting dalam penemuan terapi hingga penyembuhan penyakit.

Ilmu biomedis penting dalam penemuan terapi hingga penyembuhan penyakit (Foto: ilustrasi tenaga medis)
Foto: www.freepik.com
Ilmu biomedis penting dalam penemuan terapi hingga penyembuhan penyakit (Foto: ilustrasi tenaga medis)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmu biomedis menjadi salah satu ujung tombak kemajuan di industri kesehatan. Peran ilmu biomedis cukup penting, khususnya dalam hal penemuan terapi baru untuk menyembuhkan penyakit.

Melinda Siswanto, M.Eng (Biomedical), Staf Pengajar Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) mengatakan bahwa biomedis berfungsi untuk memahami bagaimana tubuh manusia bekerja pada tingkat molekuler. Pengetahuan ini akan menjadi dasar penemuan dan perancangan strategi terapeutik.

Baca Juga

“Biomedis merupakan bidang ilmu yang berfokus pada kesehatan manusia dan kesejahteraan masyarakat. Cakupan biomedis termasuk menganalisis sampel biologis, melakukan penelitian tentang penyakit manusia, berpartisipasi dalam pengembangan strategi terapeutik; seperti vaksin, obat-obatan dan perawatan medis,” kata Melinda Siswanto dalam keterangan resminya, Kamis (24/9).

Melinda menjelaskan bahwa biomedis menaungi berbagai ilmu seperti penyakit menular, kanker, epidemiologi, saraf, anatomi, fisiologi, dan lain sebagainya. Dengan perkembangan teknologi saat ini, semakin banyak yang mulai menggunakan teknologi biomedis untuk kesehatan dan membuka ilmu serta industri baru yang sering dikenal sebagaimedtech.

“Industri ini juga membantu orang awam untuk meningkatkan kualitas hidup, baik dari memonitor kondisi tubuh secara live, hingga mendapatkan akses kepada dokter atau pakar kesehatan lainnya dengan mudah," ujar Melinda..

Dia mengatakan bahwa pengembangan ilmu biomedis sendiri akan terus berinovasi sebagai langkah sentral dalam mendesain terapi dan pengobatan muktahir pada industri kesehatan. Diharapkan ke depannya ilmu biomedis dapat mencari penyelesaian masalah kesehatan yang terjadi selama ini serta pengaplikasiannya secara langsung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement