Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan

Kamis 24 Sep 2020 20:23 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Berjalan kaki (ilustrasi).

Berjalan kaki (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Berjalan kaki dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak pada malam hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jangan pernah remehkan manfaat dari berjalan kaki. Meskipun berdampak kecil dan tidak terlalu intens dibandingkan dengan latihan kardio, namun berjalan kaki mendatangkan dampak positif bagi kesehatan.

"Salah satu kesalahpahaman terbesar tentang berjalan adalah bahwa ini bukan alat penurunan berat badan yang efektif dan membutuhkan banyak waktu dan usaha untuk hasil yang minimal," kata dr Keri Peterson seperti dilansir di laman Womens Health Magazine, Kamis (24/9).

Pada kenyataannya, berjalan benar-benar dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Anda dapat mulai menuai manfaat tersebut dengan berjalan kaki 30 menit sehari.

Berjalan kaki tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan saja. "Penelitian menemukan bahwa berjalan kaki secara teratur mengurangi risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan penyakit jantung," kata dr Peterson.

Dia menyarankan berjalan di medan dengan perbukitan untuk memvariasikan tanjakan dan meningkatkan kecepatan Anda selama berjalan. Ini akan menambah intensitas pada latihan.

Berikut 10 manfaat berjalan kaki yang didukung oleh sains dan pakar.

1. Meningkatkan mood Anda

Merasa sedikit murung belakangan ini? Ikat tali sepatu Anda dan mulailah bergerak. Berjalan selama satu jam sehari dapat mengurangi risiko depresi, berdasarkan studi JAMA Psychiatry 2019. Para peneliti benar-benar melihat penurunan 26 persen kemungkinan depresi dengan peningkatan aktivitas fisik seperti berjalan kaki.

"Menggerakkan tubuh dengan sengaja dengan cara yang lebih lembut sepanjang hari, seperti berjalan, peregangan, naik tangga, mencuci piring, masih dapat meningkatkan mood Anda," kata penulis studi, Karmel Choi, kepada Harvard Health.

2. Meningkatkan kreativitas

Saat Anda kehabisan ide, berhenti bermain media sosial dan berjalan-jalan di sekitar rumah. Jalan-jalan sebenarnya dapat meningkatkan tingkat kreativitas, menurut sebuah studi tahun 2014 di Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition.

Peneliti mengamati 176 siswa melakukan serangkaian tugas sambil duduk versus sambil berjalan. Mereka menemukan bahwa berjalan kaki dapat meningkatkan hasil kreatif seseorang sebesar 60 persen.

3. Membantu membakar kalori dan menurunkan berat badan

Berjalan dengan kecepatan tinggi yang melibatkan lengan Anda akan merekrut beberapa otot tubuh bagian atas dan bawah untuk membantu Anda membakar kalori. Peterson menjelaskan, jika Anda dapat memvariasikan kecepatan dengan interval yang lebih intens seperti berjalan miring atau berjalan cepat untuk meningkatkan detak jantung, Anda juga akan meningkatkan kalori yang terbakar.

4. Tidur lebih nyenyak pada malam hari

Berjalan-jalan dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak. Dalam sebuah studi observasi kecil yang diterbitkan di Sleep Health, penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang meningkatkan waktu berjalan pada siang hari tidur lebih nyenyak pada malam hari. Mereka yang rata-rata melangkah paling banyak selama masa penelitian, melaporkan tidur yang jauh lebih baik dibandingkan mereka yang berjalan lebih sedikit.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh Anda

Yang ini mungkin mengejutkan, berjalan kaki sebenarnya dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda yang berguna pada musim dingin dan flu ini. Peterson merujuk pada studi 2011 yang diterbitkan dalam British Journal Of Sports Medicine. Penelitian menunjukkan di antara 1.000 peserta yang diteliti, mereka yang berjalan setidaknya 20 menit sehari, lima hari sepekan, memiliki hari sakit 43 persen lebih sedikit daripada mereka yang berolahraga sekali sepekan.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA