Kamis 24 Sep 2020 19:45 WIB

Tani Center IPB University Gelar Lomba Menulis dan Video

tulisan dan video dikirim ke panitia mulai 24 September sampai 20 Oktober 2020

lomba menulis dan video tani center ipb university
Foto: istimewa
lomba menulis dan video tani center ipb university

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Tani Center IPB University menggelar lomba menulis dan video berhadiah puluhan juta rupiah. Lomba penulisan dan video untuk menyambut Hari Tani ini ditujukan buat pelajar SMA, mahasiswa dan masyarakat umum.

“Kegiatan ini ingin mengajak generasi muda dan kelompok milenial merefleksikan pandangannya tentang pertanian melalui tulisan dan video,” kata Dr Hermanu Triwidodo, kepala Tani Center IPB University dalam keterangannya di Bogor, Kamis (24/9).

Lomba penulisan dan video yang mengusung tema ‘Pertanian (Tidak) Boleh Mati’ ini memiliki lima subtema. Kelima subtema tersebut terkait persoalan pertanian dan kelapa sawit, ketahanan pangan di era pandemi Covid-19, pengembangan agrowisata sampai perhutanan sosial berbasis partisipasi masyarakat lokal.

"Harapan kami akan lahir sejumlah pemikiran solutif untuk mengatasi masalah pertanian yang sampai sekarang masih terjadi," kata Hermanu.

Raidi, ketua panitia lomba, mengatakan karya berupa tulisan dan video sudah dapat dikirimkan ke panitia mulai 24 September sampai 20 Oktober 2020. Ia menambahkan untuk panjang naskah tulisan minimum tiga ribu karakter dan maksimal enam ribu karakter. Sementara durasi video 1-3 menit.

“Sebagai syarat lomba, setiap peserta diperbolehkan mengirimkan hingga tiga naskah dan video. Sebagai nilai tambah dari lomba ini, kami akan melihat juga seberapa banyak feedback dan engangement karya peserta lomba di sosial media," ujar Raidi sambil meminta setiap pendaftar wajib follow akun sosial media Tani Center di Instagram @tanicenteripb.

Untuk pengumuman lomba, Raidi mengatakan akan disampaikan secara terbuka pada 31 Oktober 2020. Ia mengatakan semua karya tulis yang masuk ke panitia nantinya siap untuk dibukukan secara paperless. Untuk total hadiah yang disiapkan sebesar Rp 20 juta.

“Kami berharap semua karya yang masuk ini akan mampu merefleksikan kondisi pertanian kita sekarang. Nantinya kita akan bukukan melalui e-book untuk semua karya yang terpilih,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement