Kamis 24 Sep 2020 18:44 WIB

Dubes Lutfi Ajak RI-AS Bermitra Sebagai Sahabat

Dubes RI untuk AS M.Lutfi mengajak tingkatkan hubungan bilateral kedua negara

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) M. Lutfi, berkunjung ke Gedung Putih untuk bertemu dengan Presiden Donald Trump, Kamis (18/4).
Foto: Istimewa
Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) M. Lutfi, berkunjung ke Gedung Putih untuk bertemu dengan Presiden Donald Trump, Kamis (18/4).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Amerika Serikat (AS) Muhammad Lutfi, mengajak seluruh mitranya di AS untuk bekerja sama meningkatkan hubungan bilateral RI-AS. Dubes juga mengajak para mitra dan pemangku kepentingan lain menjadikan kedua negara sebagai sahabat dekat lama yang baru.  

"Jika dapat dirangkum menjadi satu kalimat saja, maka misi saya sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat adalah menjadikan Indonesia dan Amerika Serikat sebagai The Old New Best Friends di masa mendatang," ujar Dubes Lutfi. Pernyataan itu ia sampaikan di acara Virtual Welcome Event in Honor of H.E. Ambassador Lutfi, yang digelar oleh United States-Indonesia Society (USINDO), Selasa waktu setempat dalam siaran pers yang diterima Republika, Kamis.

Baca Juga

Acara yang dipandu oleh Dubes David Merrill, Presiden USINDO, tersebut juga menghadirkan pembicara pejabat tinggi AS, David R. Stilwell, Assistant Secretary of State for the Bureau of East Asian and Pacific Affairs ,dan Theo L. Sambuaga sebagai Indonesian Co-Chair USINDO.

Lutfi juga menegaskan komitmen dan optimismenya untuk lebih memperkuat hubungan kerja sama kedua negara. "Terlepas dari naik dan turunnya hubungan kedua negara, saya yakin ini adalah awal jalan ke depan yang lebih baik karena kita memiliki banyak kesamaan dalam hal prinsip dan nilai. Di antaranya demokrasi, kebebasan berpendapat, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia," ujarnya.

Menurut Lutfi, Indonesia dan AS saat ini berada dalam situasi yang saling membutuhkan terutama dalam hal pemajuan ekonomi dan penjagaan stabilitas Kawasan Indo-Pasifik. Dia mengatakanIndonesia saat ini tengah berupaya keras untuk menghindari middle-income trap dengan terus menjaga iklim investasi yang baik serta meningkatkan kinerja ekspor-impor dan kualitas sumber daya manusia.

"Dalam hal ini, AS adalah mitra strategis Indonesia untuk mencapai tujuan tersebut melalui investasi, inovasi, SDM, dan teknologi,” jelas Lutfi.

Selain itu, dalam konteks penjagaan stabilitas politik dan keamanan di Kawasan Indo-Pasifik, Indonesia merupakan pemain kunci di mata AS. "Melihat rekam jejak kita di Kawasan Indo-Pasifik, dapat dikatakan bahwa AS bisa mengandalkan dan bekerja sama erat dengan Indonesia untuk terus menjaga Kawasan Indo-Pasifik agar tetap inklusif, terbuka dan transparan," kata mantan menteri perdagangan ini.

David Stillwell, yang hadir dalam kapasitasnya mewakili Kementerian Luar Negeri AS, menyampaikan komitmennya untuk mendukung tujuan tersebut. "Sebagai mitra strategis, AS siap bekerja sama dengan Indonesia untuk terus menjaga stabilitas Kawasan Indo-Pasifik," ujarnya.

Di samping dua hal tersebut, aspek kerja sama yang menjadi prioritas Lutfi adalah pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19. Selain mengapresiasi AS atas bantuan penanganan pandemi seperti pemberian bantuan 500 ventilator, agendanya ke depan adalah menggandeng AS dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia dan peningkatan kualitas SDM serta transfer teknologi.

Senada dengan pernyataan tersebut, David Stillwell juga menyatakan komitmennya untuk mendukung dan membantu Indonesia dalam pemulihan ekonomi pascapandemi. Salah satunya melalui Kerangka Kerja Sama Untuk Memperkuat Pendanaan Infrastruktur dan Pembangunan Pasar atau the Cooperation Framework to Strengthen Infrastructure Finance and Market Building.

Kerja sama ini telah ditandatangani oleh Menteri Keuangan kedua negara, Steven T. Mnuchin dan Sri Mulyani Indrawati pada 18 September 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement