Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Usul Sumatera Barat Diubah Jadi Minangkabau, Ini Kata DPR

Kamis 24 Sep 2020 17:34 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad

Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Menurut Dasco, usulan perubahan nama sah-sah saja, tetapi perlu kajian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menanggapi usulan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Fadli Zon mengusulkan agar Provinsi  Sumatera Barat diubah menjadi Minangkabau. Menurutnya, usulan tersebut bukanlah hal baru.

"Ya menurut saya segala macem usulan itu sah-sah saja. Apalagi ini kan soal juga karakteristik daerah ya bukan kita ngomong soal kedaerahan, tapi kan ada ciri khas daerah, dan ini bukan hal yang baru," kata Dasco dalam sebuah video yang diterima Republika, Kamis (24/9).

Menurut Dasco, usulan tersebut perlu dilakukan kajian secara mendalam. Kajian perlu dilakukan untuk kemudian disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada saat ini. 

Baca Juga

Kajian juga akan dilakukan dengan melibatkan tokoh adat, dan masyarakat Minang. "Pasti dong, kalau FGD-FGD (forum group discussion) segala macem kan itu harus ada masukan dari unsur masyarakat, tokoh adat, dan lain-lain itu pasti," ujarnya.

Sebelumnya Fadli Zon mengusulkan agar Provinsi Sumatera Barat berganti nama menjadi Minangkabau. Fadli mengatakan bahwa usulan tersebut muncul setelah beberapa minggu lalu Sumatera Barat ramai menjadi topik perbincangan lantaran muncul kesan diragukannya dukungan Sumatera Barat terhadap Pancasila. 

"Provinsi Sumatera Barat perlu ganti nama menjadi Provinsi Minangkabau," tulis Fadli di akun Twitternya @fadlizon, Rabu (23/9).

Fadli mengungkapkan, bahwa usulan Provinsi Sumatera Barat menjadi Minangkabau bukanlah hal baru. Ia mengatakan usulan tersebut telah ada sejak tahun 1970-an. Namun dirinya menganggap bahwa gagasan perubahan nama tersebut kini semakin relevan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA