Kamis 24 Sep 2020 17:34 WIB

Usul Sumatera Barat Diubah Jadi Minangkabau, Ini Kata DPR

Menurut Dasco, usulan perubahan nama sah-sah saja, tetapi perlu kajian.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menanggapi usulan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Fadli Zon mengusulkan agar Provinsi  Sumatera Barat diubah menjadi Minangkabau. Menurutnya, usulan tersebut bukanlah hal baru.

"Ya menurut saya segala macem usulan itu sah-sah saja. Apalagi ini kan soal juga karakteristik daerah ya bukan kita ngomong soal kedaerahan, tapi kan ada ciri khas daerah, dan ini bukan hal yang baru," kata Dasco dalam sebuah video yang diterima Republika, Kamis (24/9).

Baca Juga

Menurut Dasco, usulan tersebut perlu dilakukan kajian secara mendalam. Kajian perlu dilakukan untuk kemudian disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada saat ini. 

Kajian juga akan dilakukan dengan melibatkan tokoh adat, dan masyarakat Minang. "Pasti dong, kalau FGD-FGD (forum group discussion) segala macem kan itu harus ada masukan dari unsur masyarakat, tokoh adat, dan lain-lain itu pasti," ujarnya.

Sebelumnya Fadli Zon mengusulkan agar Provinsi Sumatera Barat berganti nama menjadi Minangkabau. Fadli mengatakan bahwa usulan tersebut muncul setelah beberapa minggu lalu Sumatera Barat ramai menjadi topik perbincangan lantaran muncul kesan diragukannya dukungan Sumatera Barat terhadap Pancasila. 

"Provinsi Sumatera Barat perlu ganti nama menjadi Provinsi Minangkabau," tulis Fadli di akun Twitternya @fadlizon, Rabu (23/9).

Fadli mengungkapkan, bahwa usulan Provinsi Sumatera Barat menjadi Minangkabau bukanlah hal baru. Ia mengatakan usulan tersebut telah ada sejak tahun 1970-an. Namun dirinya menganggap bahwa gagasan perubahan nama tersebut kini semakin relevan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement