Kamis 24 Sep 2020 14:50 WIB

Arti Makian Schout Heyne ke Pitung: Godverdomme Zeg Pitung!

Kata Godverdomme semakin dikenal setelah film Si Pitung sukses di pasaran.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Karta Raharja Ucu
Schout Heyne yang diperankan A. Hamid Arief dalam film Si Pitung.
Foto: Tangkapan layar Youtube
Schout Heyne yang diperankan A. Hamid Arief dalam film Si Pitung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Adolf Wilhelm Verbond Hinne naik pitam. Wajahnya merah, dan sejurus kemudian dari mulutnya keluar kata-kata penuh kemarahan: "Godverrrdomme ... donder op ... jij ...! Terlalu ... zeg ... Pitung ...!!!!!”

Dengan penuh kemarahan Schout Heyne melotot, sembari memerintahkan anak buahnya menangkap Pitung yang dilaporkan baru saja kabur dari penjara Meester Cornelis. Kata godverdomme itu pun semakin tenar menyusul suksesnya film Si Pitung yang diperankan Dicky Zulkarnaen. Lantas, apa arti sebarnya kata Godverdomme atau verdomme?

Dalam dialog itu, verdomme diartikan “sialan atau kampret”. Berdasarkan kamus Van Dale, ver·dom·me termasuk jenis kata interjeksi yang berarti kata yang mengungkapkan seruan perasaan. Kata ini juga tidak formal.

Fungsi kata verdomme digunakan untuk mengungkapkan ekspresi yang sedang dirasakan. Selain kesal, verdomme dapat digunakan untuk pengungkapan kaget dan sedih. Kata lain selain verdomme, ungkapan kekesalan dapat menggunakan kata “wat jammer”, “ruk”, “kut”, dan “klootzak”.

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement