Sunday, 15 Rabiul Awwal 1442 / 01 November 2020

Sunday, 15 Rabiul Awwal 1442 / 01 November 2020

Kemenag: Semua Santri Terpapar Covid di Banyuwangi Pulih

Kamis 24 Sep 2020 14:27 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Esthi Maharani

Ilustrasi Covid-19

Ilustrasi Covid-19

Foto: Pixabay
Santri Banyuwangi yang terpapar Covid-19 telah pulih seluruhnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama (Kemenag), Waryono Abdul Ghofur, menegaskan bahwa sejumlah santri yang terpapar virus corona jenis baru 2019 (Covid-19) di Banyuwangi telah seluruhnya pulih.

Alhamdulillah kita sudah terima kabar, seluruh santri dari pesantren yang di Banyuwangi itu telah seluruhnya pulih,” kata Waryono dalam webinar bertajuk Program Sekolah dan Pesantren Sehat, Kamis (24/9).

Berdasarkan catatannya, dari 29 ribu jumlah pesantren yang terdaftar di Kemenag, mayoritasnya berada di wilayah pedesaan. Dari jumlah tersebut, sejumlah pesantren yang terpapar Covid-19 mayoritasnya berada di wilayah Jawa Timur, khususnya Banyuwangi.

Dia menyebut, terdapat lebih dari 600 santri yang terkonfirmasi terpapar Covid-19 di lingkungan Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung, Banyuwangi. Untuk itu dia mengajak kepada seluruh pihak untuk bersama-sama merangkul pesantren agar terbebas dari daftar klaster penyebaran.

Caranya adalah dengan menggencarkan edukasi, sosialisasi, serta upaya-upaya memfasilitasi pesantren dari sisi infrastruktur maupun prasarana. Ketersediaan sarana sanitasi serta kebutuhan lainnya yang tercantum dalam protokol kesehatan Covid-19 pun diharapkan dapat diupayakan secara bersama-sama.

“Karena jujur saja, untuk pesantren-pesantren kelas menengah ke bawah, agak sulit untuk menyediakan fasilitas yang mendukung protokol kesehatan secara komplit,” katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA