Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Empat Langkah Membuat Frappuccino Karamel Ala Starbucks

Kamis 24 Sep 2020 10:57 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Reiny Dwinanda

Frappuccino ala Starbucks bisa disiapkan sendiri di rumah.

Frappuccino ala Starbucks bisa disiapkan sendiri di rumah.

Foto: Reuters/Andrew Chifari
Memakai seduhan kopi instan lebih disarankan untuk membuat frappuccino.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Selagi masih di rumah saja, ada banyak minuman segar yang bisa dikreasikan sendiri. Frappuccino, contohnya. Minuman kopi dingin ini cukup mudah untuk dibuat.

Cuma butuh empat langkah untuk membuat frappuccino karamel ala Starbucks. Berikut panduan dari laman Today:

Siapkan kopi instan apa saja
Siapkan mangkuk kecil, campurkan kopi instan dengan satu sendok makan air yang sangat panas. Biarkan larut dan aduk hingga tercampur. Inilah yang akan memberi rasa kopi yang halus pada minuman Anda.

Kopi instan paling cocok untuk dijadikan frappuccino karena rasanya lebih pekat. Anda juga bisa menggunakan dua sendok makan kopi yang diseduh kental, tetapi mungkin rasanya tidak sama.

Masukkan semua bahan ke blender
Masukkan es, susu, larutan kopi, sirup karamel dan permen karet xanthan ke dalam blender. Semakin baik kualitas blendernya, minuman Anda akan semakin halus dan lembut.

Baca Juga

Anda dapat menambahkan susu apa pun yang Anda suka, seperti almond, kedelai, atau oat. Jika Anda ingin membuatnya menjadi frappuccino karamel asin, tambahkan sedikit serpihan garam laut ke dalam blender sebelum dikocok.

Anda memiliki kebebasan berkreasi total untuk menggunakan rasa favorit dalam resep ini. Cobalah dengan sirup apa pun yang Anda suka, seperti vanila, hazelnut, moka, atau lainnya.

Jika Anda tidak memiliki permen karet xanthan, Anda masih bisa membuat resep ini, tetapi ketahuilah bahwa teksturnya mungkin sedikit lebih dingin dibandingkan dengan yang ringan dan lembut. Blender lebih lama jika Anda tidak menggunakan permen karet xanthan.

Blender semua bahan dengan durasi lama
Blender dengan kecepatan rendah, perlahan tingkatkan kecepatan menjadi tinggi. Biarkan bahan-bahan tercampur dengan kecepatan tinggi setidaknya selama 30 hingga 40 detik.

Frappuccino harus lembut dan tercampur rata, tampak kental dan memiliki gelembung udara di dalamnya. Anda mungkin perlu mengikis sisi blender dan mengocoknya kembali jika masih ada bongkahan es di dalamnya.

Sajikan dengan toping karamel
Pindahkan kopi ke gelas dan atasnya dikasih toping sirup karamel. Jika ingin lebih enak, buat krim kocok manis sendiri. Cukup kocok krim kental dengan sejumput gula halus sampai lembut. Jangan ragu untuk menghias minuman Anda sendiri dengan potongan cokelat, kue kering, dan sebagainya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA