Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Kemenparekraf Gandeng Google Latih UMKM Pariwisata

Kamis 24 Sep 2020 07:22 WIB

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha

Pedagang souvenir khas Danau Toba melayani wisatawan di Desa Wiata Tomok, Samosir, Sumatra Utara, Senin (22/8).

Pedagang souvenir khas Danau Toba melayani wisatawan di Desa Wiata Tomok, Samosir, Sumatra Utara, Senin (22/8).

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pemanfaatan teknologi diharapkan mampu menjangkau konsumen dengan efektif dan efisien

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggandeng Google Indonesia untuk mendorong dan melatih UMKM pariwisata dalam Gapura Digital Wonderful Indonesia agar memanfaatkan platform digital untuk usahanya. Pelatihan tersebut bertujuan untuk mendukung UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dalam memajukan bisnis melalui platform digital agar dapat menentukan target bisnis dan sasaran yang tepat di masa pandemi virus corona.

Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat Regional II, Reza Rahmana Kaloka, menjelaskan, Pelatihan Gapura Digital untuk Wonderful Indonesia diharapkan akan memberikan wawasan dan pengetahuan tentang digitalisasi usaha untuk para peserta. Reza berharap Pelatihan Gapura Digital untuk Wonderful Indonesia mampu meningkatkan kompetensi pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mendorong kebangkitan ekonomi pascapandemi.

"Diharapkan nantinya para peserta dapat memanfaatkan teknologi digital dalam pengembangan usahanya dan mampu menjangkau konsumen dengan efektif dan efisien, serta mampu menangkap peluang-peluang baru yang muncul dalam pengembangan usahanya," ujar Reza.

Sementara itu, Head of Public Affairs Asia Tenggara, Google, Ryan Rahardjo, menyatakan, Google berkomitmen untuk mendukung pemulihan ekonomi Indonesia secara keseluruhan terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satunya dengan memberikan akses pelatihan digital secara gratis untuk para pelaku UMKM.

"Saya pribadi juga sangat senang dengan adanya pelatihan ini terutama juga untuk rekan-rekan semua, karena ini wujud dari komitmen jangka panjang Google juga untuk membantu pemulihan ekonomi dari sektor pariwisata Indonesia, terlebih di tengah masa pandemi seperti ini," ujar Ryan.

Terdapat 240 peserta terpilih, baik pelaku UMKM maupun pelajar, yang mengikuti program pelatihan online UMKM pariwisata Gapura Digital Wonderful Indonesia. Program tersebut akan dibagi menjadi 6 sesi kelas online pada periode waktu 23 September sampai 5 November 2020.

Dalam program pelatihan online UMKM pariwisata tersebut, para peserta akan mempelajari lima modul khusus bisnis pariwisata dari para fasilitator Gapura Digital yang berpengalaman, di antaranya membangun bisnis pariwisata online, membangun keberadaan online dan meningkatkan efisiensi bisnis, pemasaran digital untuk industri pariwisata, meningkatkan pemasaran digital dengan iklan dan analitik, dan pentingnya strategi rekrutmen di masa Covid-19.

Lebih lanjut, Ryan berharap pelatihan Gapura Digital untuk Wonderful Indonesia ini dapat membantu pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif agar bertransformasi ke digital secara cepat, memahami tren digital yang terus berkembang, dan memanfaatkan teknologi digital untuk menangkap peluang ekonomi dalam menghadapi situasi saat ini.

"Kami berharap setelah selesai ikuti pelatihan ini bisnis UMKM terus meningkat. Dan, pastinya terhubung dengan keuntungan yang lebih mudah dan bekerja yang lebih efisien," ujar Ryan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA