Rabu 23 Sep 2020 23:30 WIB

ASN Dinkes DIY Meninggal Akibat Terpapar Covid-19

Kondisi ASN itu memburuk setelah jalani perawatan selama 16 hari.

Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)
Foto: EPA/CDC
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Satu aparatur sipil negara (ASN) di Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY meninggal dunia akibat terpapar Covid-19, Rabu (23/9). ASN tersebut berjenis kelamin laki-laki dengan umur 50 tahun yang meninggal saat menjalani isolasi di RSUP Dr. Sardjito.

Kepala Bagian Humas Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji mengatakan, ASN tersebut dinyatakan positif pada 8 September lalu. Selama 16 hari menjalani perawatan di rumah sakit, kondisi ASN ini memburuk karena memiliki komorbid (penyakit penyerta) diabetes mellitus (DM).  

Baca Juga

"Meskipun ketika masuk rumah sakit kondisi almarhum masih terbilang ringan, namun dikarenakan komorbid yang dideritanya, kondisi almarhum semakin memburuk," kata Ditya dalam keterangan resminya yang diberikan kepada wartawan, Rabu (23/9) malam.

ASN ini tertular Covid-19 dari saudaranya yang positif Covid-19. Ditya menyebut, ASN tersebut sempat satu mobil dengan saudaranya yang saat itu sudah menunjukan gejala Covid-19 yakni flu.

 

Tracing (pelacakan) kontak erat dari ASN ini pun telah dilakukan. Tracing dilakukan terhadap keluarga dan rekan kerja di lingkungan tempat ASN tersebut. Hasil tracing menunjukkan istri dan anaknya juga dinyatakan positif Covid-19. "Lingkungan tempat biasa almarhum bekerja pun juga disemprot disinfektan dan sementara ditutup selama tiga hari, terhitung dari tanggal 9 hingga 11 September lalu," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement