Rabu 23 Sep 2020 21:26 WIB

Aplikasi Umroh Tersedia di Smartphone Mulai 27 September

Aplikasi Umroh memastikan kepatuhan terhadap protokol kesehatan Covid-19.

Aplikasi Umroh Tersedia di Smartphone Mulai 27 September (ilustrasi).
Foto: Saudi Ministry of Media via AP
Aplikasi Umroh Tersedia di Smartphone Mulai 27 September (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH -- Kementerian Haji dan Umrah mengumumkan bahwa jamaah umroh dan pengunjung yang masuk ke Dua Masjid Suci akan diatur melalui aplikasi "I'tamarna," yang akan tersedia di smartphone mulai 27 September 2020 (Safar 10). Kementerian telah mengembangkan aplikasi bekerja sama dengan Saudi Data and Artificial Intelligence Authority (SDAIA) untuk mengatur waktu ritual bagi mereka yang ingin mengunjungi Makkah dan Madinah untuk melakukan Umroh dan sholat di Dua Masjid Suci.

Dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (23/9), aplikasi ini akan memungkinkan para peziarah dan pengunjung untuk merencanakan ziarah dan kunjungan mereka terlebih dahulu, serta membuat reservasi layanan opsional untuk melakukan ritual mereka dengan mudah dan nyaman. Selain itu aplikasi ini untuk memastikan kepatuhan terhadap kesehatan dan tindakan pencegahan dan protokol pencegahan, seperti yang disetujui oleh Kementerian Kesehatan dan otoritas berwenang lainnya, untuk membendung penyebaran virus corona.

Kementerian Dalam Negeri mengumumkan pada hari Selasa dimulainya kembali umroh secara bertahap dan kunjungan ke Dua Masjid Suci dengan jumlah jemaah haji yang terbatas, mulai dari 4 Oktober. Pada tahap pertama, warga negara dan ekspatriat dari dalam Kerajaan akan diizinkan untuk melakukan umroh dengan kapasitas 30 persen mulai 4 Oktober yang berarti 6.000 jamaah per hari dan itu sesuai dengan tindakan pencegahan kesehatan Masjidil Haram.

Kementerian Haji mengatakan bahwa aplikasi akan tersedia untuk pengguna sistem operasi iOS dan Android tujuh hari sebelum dimulainya fase pertama. Pendaftaran data jemaah haji dan pengunjung Masjidil Haram ini akan langsung terkait dengan aplikasi “Tawakkalna”, aplikasi resmi yang diluncurkan Kementerian Kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona.

 

Kementerian mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Langkah ini akan terdiri dari sejumlah prosedur, termasuk memberikan jaminan bahwa jamaah atau pengunjung bebas dari virus corona. Aplikasi ini memungkinkan peziarah dan pengunjung untuk memilih waktu yang tepat untuk pelaksanaan ritual sesuai dengan tanggal yang tersedia, serta untuk memilih layanan pendamping yang mereka inginkan tersedia untuk mereka seperti memilih alat transportasi, berkumpul. poin dan pusat layanan."

Kementerian menekankan pentingnya para peziarah dan pengunjung untuk secara ketat mematuhi tindakan pencegahan yang memastikan keselamatan dan kesehatan mereka, seperti mengenakan masker, menjaga jarak fisik yang aman, dan mematuhi waktu dan rute yang ditentukan untuk setiap peziarah dan pengunjung.

Kementerian menegaskan ketajaman Kerajaan untuk memungkinkan para tamu Tuhan untuk melakukan ritual mereka dengan cara yang aman dan sehat dengan cara melindungi mereka dari ancaman pandemi dan mencapai tujuan Syariah Islam dalam menjaga jiwa manusia dengan cara apapun.

Pada bulan Maret tahun ini, Kementerian Dalam Negeri mengumumkan penghentian sementara ziarah Umroh dan kunjungan ke Masjid Suci baik untuk jamaah dan jamaah asing dan domestik sebagai bagian dari tindakan pencegahan yang telah diambil setelah wabah pandemi.

Menurut keputusan baru Kementerian Dalam Negeri untuk mencabut penangguhan layanan umroh secara bertahap, jamaah haji asing akan diizinkan melanjutkan ziarah ke Kerajaan untuk melakukan umrah dan mengunjungi Dua Masjid Suci pada tahap ketiga, yang akan dimulai. pada 1 November.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement