Tuesday, 3 Rabiul Awwal 1442 / 20 October 2020

Tuesday, 3 Rabiul Awwal 1442 / 20 October 2020

Lampard Buka Kemungkinan Lepas Hudson-Odoi dan Rudiger

Rabu 23 Sep 2020 19:50 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Callum Hudson-Odoi

Callum Hudson-Odoi

Foto: EPA/WILL OLIVER
Kedatangan sejumlah pemain anyar membuat skuat Chelsea menjadi begitu gemuk.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chelsea telah menghabiskan dana lebih dari 200 juta poundsterling untuk bisa merekrut pemain anyar. Tidak tanggung-tanggung, enam pemain sekaligus telah didatangkan the Blues pada bursa transfer musim panas kali ini.

Besaran dana transfer dan jumlah pemain anyar the Blues ini diprediksi akan bertambah seiring dengan upaya Chelsea mendatangkan kiper Edouard Mendy dari Rennes. Kedatangan sejumlah pemain anyar itu akhirnya membuat skuat the Blues menjadi begitu gemuk.

Bahkan, untuk satu posisi bermain, Chelsea memiliki lima pemain sekaligus. Kondisi ini kemudian memunculkan rumor terkait keinginan sejumlah penggawa the Blues untuk hengkang dari tim asal London Barat tersebut.

Setidaknya ada dua nama yang disebut-sebut siap meninggalkan Chelsea pada bursa transfer musim panas kali ini. Mereka adalah winger asal Inggris, Callum Hudson-Odoi, dan bek tengah asal Jerman, Antonio Rudiger. Di posisi winger, Hudson-Odoi memang harus bersaing Hakim Ziyech, Kai Havertz, dan Timo Werner.

photo
Antonio Rudiger - (AP/Richard Heathcote/Pool Getty)

Meski Havertz dan Werner bukan berposisi asli sebagai winger, tapi mereka dinilai piawai apabila dipercaya menempati posisi sayap. Ancaman buat Hudson-Odoi juga datang dari Mason Mount, yang sebenarnya berposisi asli sebagai gelandang.

Saat Chelsea membungkam Brighton, 3-1, dua pekan lalu, pelatih Frank Lampard lebih memilih menurunkan Mount sebagai starter di posisi sayap, ketimbang memberi kepercayaan pada Hudson-odoi.

Hudson-Odoi akhirnya hanya tampil pada 10 menit terakhir di laga tersebut sebagai pemain pengganti. Di laga kontra Liverpool, Hudson-Odoi hanya duduk manis di bangku cadangan. Kondisi lebih tragis dialami Rudiger. Bek tengah berusia 27 tahun itu belum satu kali pun merumput di pentas Liga Primer Inggris musim ini.

Bahkan, Rudiger tidak disertakan dalam skuat the Blues kala dibekap Liverpool, 0-2, akhir pekan lalu. Hal ini rasanya sudah cukup menjadi sinyal dari akhir kiprah mantan bek AS Roma tersebut di Stadion Stamford Bridge. Kehadiran Thiago Silva memang membuat Chelsea memiliki stok melimpah di posisi bek tengah. Saat ini, the Blues memiliki lima pemain untuk menempati posisi di jantung pertahanan tersebut.

Menanggapi situasi ini, Lampard mengaku akan melakukan pembicaraan dengan para pemain. Prioritas utama Lampard adalah membangun tim sekuat mungkin dengan pilihan pemain yang ada di skuat the Blues saat ini. Selain itu, eks pelatih Derby County itu juga berharap untuk menciptakan iklim kompetisi yang sehat di tim utama, meskipun nantinya harus melepas sejumlah pemain.

''Saya sangat terbuka untuk berdiskusi dengan pemain. Saat bursa transfer pemain berakhir, saya ingin mempertahankan komposisi tim terkuat yang bisa kami miliki. Selain itu, saya ingin benar-benar yakin telah membentuk iklim kompetisi yang sehat di tubuh tim utama,'' ujar Lampard seperti dilansir The Guardian, Rabu (23/9).

Tidak hanya di posisi bek tengah ataupun di lini serang, Chelsea juga memiliki stok bek kiri yang cukup banyak. Perekrutan Ben Chilwell dari Leicester City membuat the Blues memiliki tiga bek kiri di tim utama.

Lampard pun sadar, skuat London Biru memang terlalu besar. Karena itu, pelatih berusia 42 tahun itu akan mengambil keputusan terkait pemain-pemain yang akan dilepas the Blues.

''Akan ada keputusan yang saya ambil, dan klub ambil, serta yang akan diambil pemain itu sendiri. Saya sudah memiliki gagasan soal berapa jumlah pemain yang ideal agar kompetisi di tim utama tetap berjalan sehat,'' ujar mantan kapten sekaligus gelandang Chelsea itu. "Saya tidak ingin jumlah pemain yang terlalu banyak, tapi tidak mampu bersaing secara reguler dan merasa tersisih dari tim karena tidak mendapatkan kesempatan.''

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA