Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

PSBB Memicu Perkembangan EduTech Tanah Air

Rabu 23 Sep 2020 18:28 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Khaeriyah, Guru kelas 1 SDN Galur 01 melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan memanfaatkan akses internet gratis dari Pemprov DKI atau JakWIFI di SDN Galur 01, Jakarta Pusat, Senin (31/8). Keberadaan internet gratis ini sebagai salah satu pemenuhan akses internet bagi warga Jakarta terutama untuk pelajar dan guru yang tengah mengikuti PJJ.Prayogi/Republika

Khaeriyah, Guru kelas 1 SDN Galur 01 melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan memanfaatkan akses internet gratis dari Pemprov DKI atau JakWIFI di SDN Galur 01, Jakarta Pusat, Senin (31/8). Keberadaan internet gratis ini sebagai salah satu pemenuhan akses internet bagi warga Jakarta terutama untuk pelajar dan guru yang tengah mengikuti PJJ.Prayogi/Republika

Foto: Prayogi/Republika
Dengan keadaan ini, pertumbuhan EduTech semakin meningkat dengan cepat dan luas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Penerapan kembali Pembatasan Skala Besar-Besaran (PSBB) yang lebih ketat atas keputusan Gubernur DKI Jakarta sebagai bentuk rem darurat penyebaran virus Covid-19, memberikan efek pada beberapa perusahaan rintisan atau startup, tak terkecuali sektor EduTech. Bertolak belakang dengan sektor travel yang mengalami penurunan, sektor EduTech dinilai justru memiliki peluang yang menjanjikan.

Upaya yang dijalankan dalam penekanan penyebaran virus Covid-19 telah membuat lebih dari 530.000 sekolah di Indonesia ditutup atau diberhentikan sementara aktivitasnya. Teknologi informasi dan komunikasi dalam menyediakan layanan pendidikan sebagai aktivitas belajar di rumah memiliki potensi yang menjanjikan. 

Ada sekitar 68 juta siswa dari tingkat pra-sekolah hingga perguruan tinggi yang membutuhkan teknologi untuk belajar. Bahkan secara global, ada 1,5 miliar siswa di 188 negara tidak dapat menghadiri kelas. Disrupsi pendidikan seperti ini terakhir kali terjadi saat Perang Dunia II.

Demikian data resmi yang dikeluarkan Grant Thornton Indonesia, Rabu (23/9).

Dengan keadaan ini, pertumbuhan EduTech semakin meningkat dengan cepat dan luas. Penggunaan EduTech akan terus dibutuhkan oleh siswa dari berbagai tingkat. Tentunya teknologi seperti Internet, ponsel pintar, dan laptop menjadi keharusan dalam mendukung pembelajaran jarak jauh. Bahkan salah satu penyedia jasa telekomunikasi terbesar di Indonesia mencatat adanya peningkatan arus broadband sebesar 16% selama pandemi Covid-19.

Setelah jeda pembiayaan pada bulan Maret, investor dari berbagai negara kembali menggelontorkan dana bagi EduTech dan melambungkan beberapa startup bahkan hingga melewati nilai valuasi US$ 1 miliar. Investor sengaja fokus pada entitas yang memasarkan alat dan layanan langsung ke konsumen (DTC) dan bukan ke institusi. Tiga sektor EduTech DTC yang memperoleh investasi paling besar adalah bimbingan belajar online, bantuan dan aplikasi digital, serta edutainment.

Pada bulan Juni lalu, pemain EduTech di Indonesia sendiri sudah mencapai 44, dan diperkirakan masih akan terus bertambah. Beberapa startup EduTech yang semakin terkenal di Indonesia semenjak peranannya semakin terasa besar bagi siswa selama masa pandemi di antaranya adalah Quipper, Zenius, Ruangguru, IndonesiaX, Cakap, dan masih banyak lagi. 

Dalam Business Resilience Wheel yang dikeluarkan Grant Thornton Indonesia, pada kuartal pertama tahun ini juga disebutkan pentingnya opsi pendanaan sebagai salah satu strategi bertahan perusahaan di masa pandemi. Hal ini sepertinya telah dijalankan dengan cukup baik oleh para pelaku EduTech, terlihat dari sejumlah investasi besar yang telah berhasil disuntikkan ke sektor ini dan menjadikan pandemi Covid-19 justru sebagai momentum akselerasi dan ajang pembuktian bahwa investasi tersebut dibenamkan pada sektor yang tepat. 

Melihat fenomena ini, Legal Partner Grant Thornton Indonesia Kurniawan Tjoetiar,  menyebutkan, perkembangan sektor EduTech di Indonesia tentu terlihat prospek yang sangat menjanjikan. Bagi investor yang menginvestasikan dana di sektor ini perlu juga mempertimbangkan risiko yang dapat menyertai seperti regulasi, sikus pendanaan dan bagaimana entitas bersaing dengan kompetitor. 

“Dari sisi entitas EduTech juga perlu menjalankan strategi bertahan dengan melihat cara untuk menekan biaya, memberikan kualitas pengajar yang baik, dan hasil yang berdampak. Karena hal tersebut yang menjadi kunci untuk menentukan siapa pemenang dalam jangka panjang seiring pertumbuhan dan semakin matangnya pasar EduTech di Indonesia," kata Kurniawan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA