Wednesday, 11 Rabiul Awwal 1442 / 28 October 2020

Wednesday, 11 Rabiul Awwal 1442 / 28 October 2020

Bersabar dan Pahala Tanpa Batas

Kamis 24 Sep 2020 05:55 WIB

Red: Esthi Maharani

Sabar/ilustrasi

Sabar/ilustrasi

Berbagai kebaikan dan derajat terhormat dijanjikan-Nya sebagai buah dari bersabar

REPUBLIKA.CO.ID, Bersabar. Kata ini terulang di dalam Alquran lebih dari 70 tempat. Di dalam berbagai ayat tersebut dapat dilihat bahwa Allah Swt menganugerahi orang-orang yang memegang teguh sifat sabar dengan berbagai keutamaan. Selain itu, berbagai kebaikan dan derajat yang terhormat juga dijanjikan-Nya sebagai buah dari sikap terpuji ini.

Dalam buku Jiwa Dalam Bimbingan Rasulullah karya Dr Saad Riyadh dicontohnya Allah Swt berfirman, "Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka bersabar" (as-Sajadah: 24).

Juga firman-Nya, "Dan telah sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israel disebabkan kesabaran mereka" (al-A'raaf: 137).

Firman-Nya yang lain, "Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan" (an-Nahl: 96)

"Mereka itu diberi pahala dua kali disebabkan kesabaran mereka...." (al-Qashash: 54).

Dari firman-Nya, "Sesungguhnya hanya orang-orang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas" (az-Zumar: 10).

Dari sedikit contoh ayat di atas itu saja kita sudah mendapat gambaran jelas tentang begitu mulianya kesabaran. Sesungguhnya, setiap kebajikan yang dilakukan telah ditakar ganjarannya, kecuali kesabaran. Itulah sebabnya, pada puasa terdapat janji pahala yang sangat besar karena ia merupakan setengah dari kesabaran.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA