Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Seruan Rasulullah untuk Tolong Menolong

Kamis 24 Sep 2020 05:30 WIB

Red: Esthi Maharani

Ilustrasi menolong

Ilustrasi menolong

Foto: pxhere
Seruan Rasulullah untuk Tolong Menolong

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam hadist-hadistnya, Rasulullah Saw banyak menyeru kita untuk tolong menolong atau bahu membahu. Dengan demikian, akan terbentuk masyaraat yang kokoh laksana benteng yang masing-masing komponennya saling menguatkan, atau laksana satu tubuh yang jika salah satu bagian sakit maka yang lain juga akan ikut sakit merasakan.

Dalam buku Jiwa Dalam Bimbingan Rasulullah karya Dr Saad Riyadh disebutkan Rasulullah Saw bersabda, "Perumpamaan hubungan seorang mukmin dengan mukmin yang lain adalah laksana sebuah bangunan yang masing-masing bagian saling menguatkan. (Beliau kemudian mengisyaratkan hal itu dengan menyatukan jari-jari kedua tangan beliau)" (HR Bukhari).

Dalam kesempatan lainnya, Beliau bersabda, "Kalian akan mendapati orang-orang mukmin itu, dalam hubungan kasih sayang, saling mencintai, serta keterikatan perasaan/emosional mereka, adalah laksana satu tubuh. Apabila salah satu organ menderita sakit maka sekujur tubuh juga tidak bisa tidur dan merasakan demam" (HR Bukhari).

Rasulullah Saw juga bersabda, "Siapa saja (di antara orang-orang mukmin) yang melapangkan satu kesusahan dunia yang dialami mukmin yang lain maka Allah Swt akan melapangkan satu kesusahan darinya di hari akhirat. Siapa yang menutup aib (kejelekan) seorang muslim maka Allah Swt akan selalu menolong seorang hamba selama ia tetap menolong saudaranya (sesama muslim)" (HR Tirmidzi).


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA