Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

PMI Kirimkan Relawan ke Lokasi Banjir Bandang Sukabumi

Rabu 23 Sep 2020 09:06 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Bayu Hermawan

Warga mencari barang-barang di reruntuhan rumah akibat terjangan banjir bandang di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Warga mencari barang-barang di reruntuhan rumah akibat terjangan banjir bandang di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Foto: Thoudy Badai/Republika
Relawan PMI Kota Sukabumi diterjunkan bantu evakuasi banjir bandang di Cicurug.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menerjunkan personelnya untuk membantu penanganan bencana banjir bandang di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Nantinya, seluruh relawan PMI Kota Sukabumi tersebut akan bergabung dengan relawan dan aparat gabungan lainnya yang sudah berada di lokasi bencana.

''Pengiriman relawan PMI ini sebagai bentuk kepedulian Kota Sukabumi atas kejadian musibah banjir bandang yang melanda di beberapa titik di wilayah Kabupaten Sukabumi,'' ujar Ketua PMI Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo, Rabu (23/9).

Sebelumnya pihaknya sudah berkoordinasi dengan jajaran PMI Kabupaten Sukabumi, PMI Jawa Barat termasuk denga PMI Pusat. Penerjunan relawan ini untuk membantu proses operasi tanggap darurat bencana banjir bandang di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga

Selain menerjunkan personilnya ungkap Suranto, PMI juga menerjunkan satu armada ambulans gawat darurat untuk membantu proses pelayanan kesehatan dan evakuasi darurat. Para relawan PMI juga dibekali Alat Pindung Diri (APD) serta berbagai alat pendukung di lapangan seperti mesin pemotong ektrikasi dan alat evakuasi.

Di samping akan membantu proses evakuasi lanjut Suranto, para relawan PMI juga akan melakukan asesment kebutuhan para pengungsi. Nantinya akan diupayakan bantuan untuk memenuhi kebutuhan warga.

Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo mengatakan, ada sekitar 500 orang petugas dan relawan gabungan yang membantu penanganan bencana banjir bandang di Kecamatan Cicurug dan sekitarnya. ''Harapannya kehadiran petugas dan relawan mempercepat penanganan bencana,'' ucapnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA