Selasa 22 Sep 2020 23:49 WIB

Pasien Covid-19 di Kabupaten Magelang Bertambah 52 Orang

Sebaran pasien positif Covid-19 di Kabupaten Magelang saat ini ada di 20 kecamatan.

Pasien Covid-19 di Kabupaten Magelang Bertambah 52 Orang (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Pasien Covid-19 di Kabupaten Magelang Bertambah 52 Orang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MAGELANG -- Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi mengungkapkan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di daerah itu bertambah 52 orang pada 22 September 2020. "Jumlah tersebut merupakan rekor penambahan terbesar dalam satu hari selama pandemi ini," katanya di Magelang, Jawa Tengah, Selasa (22/9).

Ia menyebutkan dari jumlah tersebut paling banyak di Kecamatan Salaman, yakni 22 orang, disusul Borobudur 13 orang, Salam lima orang, Mertoyudanempat orang dan Kecamatan Ngablak serta Candimulyo masing-masing tiga orang dan Sawangan serta Muntilan masing-masing satu orang.

Nanda menyebutkan pada Selasa (22/9) ini juga ada empat pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh, yakni berasal dari Kecamatan Secang tiga orang dan Kecamatan Windusari satu orang.

"Penambahan pasien baru untuk Kecamatan Borobudur dan Salaman, merupakan hasil tracing dari pasien positif yang sebelumnya diketahui ada di Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Magelang. Saat itu, suami dari pegawai di tempat itu yang merupakan anggota TNI diketahui meninggal karena positif Covid-19 dan telah dimakamkan di Demak. Sementara hasil swab dari keluarga dan seorang asisten rumah tangganya dinyatakan positif," katanya.

Nanda menjelaskan tambahan pasien di kecamatan yang lain, selain merupakan hasil tracing dari kontak erat dari pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya, juga berdasarkan hasil tes usap massal yang dilakukan sejak awal September 2020 dengan target sasaran ibu hamil, lansia, warga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif sebelumnya.

"Tambahan positif di Kecamatan Ngablak, Mertoyudan, Muntilan, Salam, Sawangan dan Candimulyo mayoritas merupakan hasil tracing dan sebagian berasal dari tes usap massal," katanya.

Ia menyebutkan dengan tambahan 52 orang pasien positif Covid-19 dan empat orang sembuh, jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Magelang menjadi 451 orang, dengan rincian 22 orang dirawat di rumah sakit, 127 orang menjalani isolasi mandiri, 289 orang sembuh, dan 13 orang meninggal.

Sementara peta sebaran pasien positif Covid-19 di Kabupaten Magelang saat ini ada di 20 kecamatan dari 21 kecamatan yang warganya telah terpapar Covid-19.

Paling banyak Kecamatan Mertoyudan dengan 26 orang, kemudian Kecamatan Salaman (25), Borobudur (29) dan Candimulyo (13), Grabag (10), Salam (10), Secang (9), Tempuran (9), Ngablak (7), Tegalrejo (5), Bandongan (4), Mungkid (4), Pakis (3), Muntilan (3), Ngluwar (2) Kajoran (1), Windusari (1), Sawangan (1), Kaliangkrik (1), dan Dukun satu orang.

Ia menyampaikan dengan terus bertambahnya pasien Covid-19 tersebut, pihaknya meminta kepada masyarakat agar menaati Inpres Nomor 6 Tahun 2020 dan PerbupNomor 38 Tahun 2020 tentang Pendisiplinan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dengan melakukan pengecekan suhu tubuh, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, menjaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan.

"Hal lainnya, mengonsumsi makanan bergizi, olahraga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," katanya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement