Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Doa Nabi Ibrahim AS agar Anak Keturunannya Rajin Sholat

Selasa 22 Sep 2020 23:09 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Nabi Ibrahim mendoakan anak keturunannya rajin melaksanakan sholat. Ilustrasi sholat.

Nabi Ibrahim mendoakan anak keturunannya rajin melaksanakan sholat. Ilustrasi sholat.

Foto: Reuters
Nabi Ibrahim mendoakan anak keturunannya rajin melaksanakan sholat.

REPUBLIKA.CO.ID,  Nama Nabi Ibrahim sering disebut di dalam Alquran, bahkan termasuk salah satu nama surat tepatnya surat ke-14. 

Nabi Ibrahim sering berdoa, dan hampir kebanyakan doanya selalu menyertakan anak keturunannya. Direktur Aswaja Center Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Ma’ruf Khozin, mengatakan di antara doanya adalah agar keturunannya dijadikan sebagai para pendiri kewajiban sholat seperti dalam ayat ini:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Baca Juga

"Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku." (QS Ibrahim: 40)

Dia mengutip Tafsir Al-Wajiz karya Syekh Wabah az-Zuhaili yang menyatakan: “Kemudian beliau mendoakan kebaikan bagi dirinya dan keturunanya dengan berkata, “Ya Rabbku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat, ya Rabb kami, perkenankan doaku. Ya Rabb kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang Mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” Allah menyambut seluruh permohonan beliau kecuali doa (permohonan ampunan) bagi ayahnya yang mana beliau panjatkan sekedar hanya untuk pemenuhan janji yang beliau sampaikan kepada ayahnya. Ketika telah jelas bahwa dia adalah musuh Allah, maka dia berlepas diri darinya.”

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA