Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Marcelo Bielsa, Pembawa Era Baru Leeds United

Rabu 23 Sep 2020 01:17 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko

Marcelo Bielsa

Marcelo Bielsa

Foto: EPA-EFE/Phil Noble
Marcelo Bielsa telah menjadi juru penyelamat yang membawa Leeds United ke era baru.

REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS -- Marcelo Bielsa telah menjadi juru penyelamat yang membawa Leeds United ke era baru yang lebih terang. Dia mambawa Leeds promosi ke Liga Inggris setelah absen selama 16 tahun. Prestasi yang ia persembahkan membuat Bielsa dianggap sebagai legenda klub.

Dikutip dari Marca, Selasa (22/9), Bielsa merupakan sososk yang sederhana dan nyentrik. Dia selalu mengenakan pakaian olahraga dan punya waktu menemui penggemar yang mendekatinya untuk sekadar ber-selfie.

Dia sering memakai pakaian olahraga yang sama baik saat bertemu penggemar, acara seratus tahun klub atau ketika berjalan lima kilometer menuju tempat latihan Leeds di Thorp Arch setiap pagi. Ia menempati rumah sederhana di Wetherby. Di sana penggemar selalu menunggunya dan dia tak keberatan menemui mereka.

Baca Juga

Keunikan-keunikan kecil dalam diri Bielsa membuat dia salah satu pelatih paling menarik dan menyenangkan di Liga Inggris dalam beberapa tahun terakhir. Dia juga tak meninggalkan itu semua meski bertarung di kompetisi paling atas di tanah Ratu Elizabeth.

Pelatih asal Argentina itu juga selalu menarik dalam metode memoleh tim maupun ide lainnya baik di luar maupun dalam lapangan. Salah satu contoh ketika Leeds  melawan Aston Villa dimana dia memerintahkan timnya agar membiarkan Villa membobol gawangnya.

Alasan perintah tersebut karena saat Mateusz Klich mencetak gol keunggulan 1-0 untuk Leeds diawali dengan pemain Villa, Jonathan Kodjia terkapar di lapangan sehingga mendapatkan perawatan medis. Namun pemain Leeds tetap melanjutkan hingga tercipta gol Klich.

Atas perintah Bielsa, Villa pun mencetak gol penyama kedudukan. Sebab anak asuh Bielsa membiarkan mereka mencetak gol. Momen berkesan lainnya dari sosok Bielsa ketika salah satu stafnya berada di tempat latihan Derby County. Leeds pun dituding memata-matai mereka.

Dalam konferensi pers, Bielsa dituntut untuk mengundurkan diri oleh jurnalis. Namun dia justru mengakui dan telah sering melakukanya. Menurutnya itu adalah bagian dari persiapan sebuah pertandingan.

Bielsa juga selalu menerapkan latihan singkat. Ia juga menyiapkan pemain muda PlayStation dan permainan lainnya termasuk kolam renang sehingga mereka banyak menghabiskan waktu bersama lebih banyak. Pemain sadar bahwa perubahan yang dilakukan Bielsa di Leeds telah berbuah hasil dalam dua musim terakhir.

Cara unik lainnya yang dilakuakn Bielsa adalah menyuruh pemain mengumpulkan sampah selama tiga jam di sekitar tempat latihan. Tujuannya untuk menunjukkan bahwa betapa kerasnya penggemar membeli tiket demi menyaksikan mereka.

Sulit melihat Bielsa istirahat. Namun dia dikenal sesekali berada di kafe atau restoran lokal Italia untuk makan dengan baju olahraga abu-abu. Penggemar sangat mencintai Bielsa. Berbagai mural di rumah, tembok atau gedung, patung yang menggambarkan tengan Bielsa banyak dijual.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA