Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Sesame Street Bantu Anak dengan Autisme Belajar Pakai Masker

Selasa 22 Sep 2020 19:51 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Tangkapan layar video Sesame Street tentang edukasi pemakaian masker untuk anak dengan autisme.

Tangkapan layar video Sesame Street tentang edukasi pemakaian masker untuk anak dengan autisme.

Foto: Youtube
Anak dengan autisme bisa dibantu mengatasi masalah sensori terkait penggunaan masker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan masker merupakan salah satu upaya yang diperlukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di tengah pandemi. Hanya saja, penggunaan masker dapat menjadi tantangan tersendiri bagi anak-anak dengan autisme.

Menyadari hal ini, organisasi nirlaba Sesame Workshop di balik Sesame Street berupaya membantu anak-anak dengan autisme untuk bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru ini melalui sebuah koleksi video. Koleksi baru ini terdiri dari serangkaian video yang dibintangi oleh Julia, salah satu muppet Sesame Street berusia empat tahun yang juga memiliki autisme.

Dalam video-video ini, Julia akan membantu anak-anak dengan autisme untuk memahami beragam konsep baru di masa pandemi yang sulit untuk dipahami. Misalnya, konsep jaga jarak fisik, rutinitas yang berubah, serta penggunaan masker.

Dalam sebuah video, Julia membantu anak-anak dengan autisme untuk memahami pentingnya penggunaan masker. Di video tersebut, Julia tampak sedang melakukan percakapan video dengan ayahnya.

Julia bercerita kepada sang ayah bahwa dia sangat senang akan bermain di taman hari itu. Akan tetapi, Julia juga mengatakan dia khawatir penggunaan masker akan mengganggu telinga dan menggelitik hidungnya.

Ayah Julia lalu menyarankan Julia untuk latihan menggunakan masker di rumah. Julia dan boneka kelincinya lalu mencoba saran sang ayah.

Menggunakan masker dapat memicu kecemasan bagi anak-anak dengan autisme. Akan tetapi, latihan menggunakan masker yang ditunjukkan Julia dan boneka kelincinya dinilai dapat membantu anak-anak dengan autisme untuk lebih tenang saat mencoba menggunakan masker mereka sendiri.



Pembicara dan penulis Dr Kerry Magro mengatakan apa yang dilakukan ayah Julia untuk membantu anak-anak dengan masalah sensori sudah benar. Dr Margo mengatakan menghilangkan ketidakpastian pada anak dengan autisme merupakan kunci. Video-video edukasi seperti koleksi terbaru Sesame Street ini dapat membantu menghilangkan ketidakpastian tersebut dan memberikan pemahaman yang baik mengenai situasi saat ini.

Dr Margo yang juga tumbuh dengan spektrum autisme mengatakan masalah sensori merupakan tantangan terbesar kedua yang dia hadapi saat tumbuh besar. Di masa kecil, Dr Margo memiliki hipersensitivitas terhadap sentuhan.

"Yang membuat penggunaan masker menjadi hal yang hampir mustahil," jelas Dr Margo, seperti dilansir Today.

Dr Margo menilai keluarga yang memiliki anak-anak dengan autisme dapat mencontoh apa yang dilakukan Julia dalam video terbaru Sesame Street. Video tersebut dapat menjadi panduan untuk melatih penggunaan masker pada anak dengan autisme.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA