Selasa 22 Sep 2020 19:51 WIB

Pakistan Luncurkan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Fase Ketiga

Vaksin Covid-19 akan disuntikkan ke 10 ribu orang di Pakistan

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Vaksin Covid-19 (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Ted S. Warren
Vaksin Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Pakistan telah meluncurkan uji klinis fase ketiga kandidat vaksin Covid-19 pada Selasa (22/9). Vaksin tersebut merupakan hasil pengembangan perusahaan Cansino Biologics.

"Baru saja meluncurkan uji coba Fase III untuk vaksin Covid-19 di Pakistan," kata Menteri Perencanaan Pakistan Asad Umar melalui akun Twitter pribadinya. Umar diketahui turut mengawasi operasi komando dan kontrol yang dipimpin militer Pakistan untuk memerangi wabah Covid-19.

Baca Juga

Dalam proses uji klinis, National Institute of Health (NIH) yang dikelola pemerintah Pakistan bekerja sama dengan perusahaan farmasi AJM, yakni perwakilan lokal Cansino. Menurut Umar, kandidat vaksin bernama Ad5-nCoV itu disuntikkan ke 40 ribu orang di tujuh negara, termasuk 10 ribu di Pakistan.

Uji coba dimulai di sebuah rumah sakit di Islamabad. Sebanyak 20 hingga 25 warga diharapkan bersedia mendaftarkan diri sebagai sukarelawan setiap harinya. "Tim kami ada di sana dan mereka telah memberi tahu kami bahwa banyak orang telah muncul untuk berpartisipasi, dan itu sangat menggembirakan," kata Hassan Abbas Zaheer, yang memimpin uji coba untuk AJM.

Fase uji coba tahap ketiga ini bakal diperluas ke beberapa kota lain di Pakistan. Hasil awal diharapkan dapat muncul dalam empat hingga enam bulan mendatang. Pakistan, negara dengan total penduduk 220 juta orang telah melakukan antara 20 ribu dan 36 ribu tes Covid-19 setiap hari.

Saat ini Pakistan memiliki 306.886 kasus Covid-19. Sebanyak 293 ribu di antaranya berhasil pulih. Sementara korban meninggal akibat virus mencapai 6.424 jiwa. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement