Selasa 22 Sep 2020 13:59 WIB

Astronom Temukan Dunia Baru 'Ultrahot Neptunus'

Ultrahot Neptunus adalah planet sangat panas dan orbit sangat pendek.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Planet Neptunus
Foto: Astrology.co.au
Planet Neptunus

REPUBLIKA.CO.ID, SANTIAGO -- Para astronom telah menemukan jenis baru dunia asing, yang pertama dikenal 'ultrahot Neptunus'. Ini adalah planet raksasa yang mengorbit bintangnya 60 kali lebih dekat daripada Bumi.

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa sekitar 1 dari 200 bintang mirip matahari memiliki planet yang melingkari bintangnya begitu rapat sehingga mengorbit dalam waktu kurang dari satu hari di Bumi.

Baca Juga

Dilansir di Space, Selasa (22/9) disebutkan, para astronom menyebut dunia tersebut sebagai planet dengan periode ultra pendek. Sebaliknya, Bumi membutuhkan sedikit lebih dari 365 hari untuk mengelilingi matahari. Merkurius, planet terdekat matahari kita, membutuhkan waktu kurang dari 88 hari untuk menyelesaikan periode satu tahunnya.

Semua planet periode ultra-pendek yang diketahui sebelumnya adalah planet berbatu yang berukuran kurang dari dua kali lebar Bumi atau yang disebut Jupiter panas, raksasa gas berukuran lebih dari 10 kali diameter Bumi.

Secara misterius, para ilmuwan belum menemukan banyak planet berperiode ultra pendek berukuran sedang. Ini adalah sebuah fenomena yang dijuluki 'gurun Neptunus panas' karena ukuran Neptunus terletak di antara Bumi dan Jupiter.

Sekarang, para ilmuwan telah menemukan sebuah planet ekstrasurya yang terletak tepat di gurun Neptunus yang panas. Planet ini jauh lebih panas daripada Neptunus panas mana pun yang ditemukan, cukup bagi para peneliti untuk menjulukinya "ultrahot".

Para astronom menggunakan Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA untuk menganalisis bintang terang mirip matahari LTT 9779. Bintang ini terletak sekitar 260 tahun cahaya dari Bumi.  Pengamatan lanjutan dengan teleskop lain membantu memastikan keberadaan planet ekstrasurya di sekitar bintang ini.

Dunia yang baru ditemukan ini, dijuluki LTT 9779 b, memiliki diameter sekitar 4,7 kali Bumi dan 29 kali massa Bumi. LTT 9779 b berputar mengelilingi bintangnya setiap 19 jam, mengorbit bintangnya sekitar 23 kali lebih dekat dari Matahari ke Merkurius, dengan bintang memanaskannya hingga suhu sekitar 1.700 derajat Celcius.

Dalam sebuah makalah yang melaporkan temuan tersebut, para ilmuwan berpendapat bahwa planet ekstrasurya ini bukan hanya Neptunus yang panas, tetapi juga Neptunus ultra panas.

"Neptunus panas biasa mungkin hanya mencapai sekitar 1.225 derajat C," kata penulis utama studi James Jenkins, astronom di University of Chile di Las Condes.

Suhu ultrahot pada LTT 9779 b dapat memecah molekul menjadi unsur penyusunnya dan mengionisasi logam di atmosfernya.

"Ini berarti atmosfernya bisa sangat berbeda dari sekadar planet 'panas', menjadikannya laboratorium yang menarik untuk mempelajari kimia planet," tambah Jenkins.

Kepadatan rata-rata planet ekstrasurya yang baru ditemukan sangat mirip dengan Neptunus. Para peneliti menyarankan bahwa LTT 9779 b tidak mungkin terbuat dari batu murni atau air murni. Ilmuwan mengusulkan planet ini memiliki inti padat yang dikelilingi oleh atmosfer hidrogen dan helium.

Jenkins menjelaskan, secara misterius, LTT 9779 b tampaknya masih memiliki atmosfer yang tebal, yang terdiri dari hampir 10 persen massanya, atau sama dengan sekitar 2,6 kali massa Bumi. Orang akan mengira ultrahot Neptunus kehilangan atmosfernya sangat awal karena radiasi energi tinggi yang diterima dari bintang.

"Jadi untuk planet ini kita harus memikirkan tentang jenis skenario formasi yang lebih eksotis," kata Jenkins.

Satu penjelasan yang mungkin untuk atmosfer ultrahot Neptunus ini adalah planet itu awalnya jauh lebih besar, mungkin raksasa gas seperti Jupiter, yang bermigrasi terlalu dekat dengan bintang.

Dalam skenario ini, gravitasi bintang akan mengikis sebagian besar atmosfer planet ekstrasurya. Setelah kehilangan sebagian besar massanya, dunia mungkin bergerak sedikit lebih jauh dari bintang, dan berakhir dengan massa seperti Neptunus.

Ke depannya, Jenkins dan rekan-rekannya akan menganalisis cahaya yang melewati atmosfer planet ekstrasurya ini untuk mencari elemen apa yang ada di atmosfer, berapa suhu di sekitar planet, apakah planet tersebut memiliki awan.

"Sifat relatif cerah dari bintangnya berarti kita dapat menggunakan instrumen berbasis darat dan ruang angkasa untuk menyelidiki planet ini dengan sangat rinci. Artinya, kami akan mendengar lebih banyak tentang planet ini dalam waktu dekat." kata Jenkins.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement