Selasa 22 Sep 2020 10:14 WIB

Benyamin Sueb Nongol di Doodle Google Hari Ini

Dalam doodle Google, Benyamin S memakai kostum sadariah Betawi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Karta Raharja Ucu
Google hari ini, Selasa (22/9) menampilkan doodle legenda Betawi, Benyamin Sueb.
Foto: Tangkapan layar
Google hari ini, Selasa (22/9) menampilkan doodle legenda Betawi, Benyamin Sueb.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Google menampilkan doodle seniman sekaligus legenda Betawi, almarhum Benyamin Sueb atau yang kerap dipanggil “Bang Ben”, Selasa (22/9). Semasa hidup, “Bang Ben” juga dikenal sebagai sutradara, pelawak, dan penyanyi. Karya yang dihasilkan olehnya tak tanggung-tanggung, lebih dari 53 film dan 75 album musik.

Terlihat dalam doodle di laman utama pencarian Google, Benyamin Sueb lengkap dengan kostum sadariah Betawi, kopiah, dan sarung yang dikalungkan di leher. Juga ada ondel-ondel, sebagai ikonik budaya Betawi. Di situ juga terlihat ketika kursor mengarah ke doodle, akan ada tulisan “Ulang Tahun Benyamin Sueb ke-81”.

Tepat pada hari pula, tahun 2018, Taman Benyamin Sueb yang terletak di Kelurahan Rawa Kecamatan Jatinegara diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Gedung Taman Benyamin Sueb ini tadinya merupakan Gedung Eks Kodim 0505 Jakarta Timur. Lalu dialihfungsikan dan dijadikan sarana pelestarian budaya Betawi.

Taman Benyamin Sueb merupakan upaya pemerintah untuk memperkenalkan karya-karya sang maestro budayawan Betawi kepada generasi penerus bangsa. Sebelumnya, Benyamin Sueb tutup usia di umur 56 tahun. Dia meninggal akibat serangan jantung. Benyamin dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement