Senin 21 Sep 2020 22:37 WIB

Kontak dengan Menag, Tes Swab Gubernur NTB Negatif Covid-19

Hasil tes swab Gubernur NTB negatif Covid-19.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Zulkieflimansyah
Foto: Rumah Zakat
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Zulkieflimansyah

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Hasil tes swab atau tes usap terhadap Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) H Zulkieflimansyah beserta Sekda HL Gita Ariadi dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi NTB, dinyatakan negatif Covid-19. Gubernur NTB diketahui pernah kontak langsung dan bertemu dengan Menteri Agama Fachrul Razi yang terkonfirmasi positif Covid-19, saat kunjungan kerja di Lombok.

"Pak Gubernur swab di Sumbawa siang dan hasilnya keluar menjelang magrib, negatif. Sedangkan, Pak Sekda, Karo Kesra dan Karo Humas tes swab di RSUD NTB pagi dan hasilnya baru keluar sore negatif," kataJuru Bicara Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi NTB I Gde Putu Aryadikepada wartawan melalui pesan singkat dari Mataram, Senin (21/9).

Baca Juga

Menurut Aryadi, saat ini Gubernur NTB Zulkieflimansyah sedang berada di Sumbawa mendampingi istri yang sedang menggelar sosialisasi penggunaan masker. "Jadi semua pejabat yang telah diswab hasilnya negatif dan tidak perlu melakukan isolasi mandiri dan tetap beraktivitas seperti biasa," kata priayang juga menjabat Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Pemprov NTB itu.

Aryadi menyampaikan, setelah gubernur, sekda dan pejabat di lingkungan Pemprov NTB dites swab, pada Selasa (22/9) kembali akan dilakukan tes swab terhadap pejabat di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB, Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram serta sejumlah orang yang di-tracing oleh tim satuan tugas.

"Besok diswab pejabat atau tokoh yang belum hari ini, misalnya dari Kemenag, UIN dan lainnnya," kata Aryadi.

Diketahui, tes usap atau swab yang dijalani Gubernur NTB H Zulkieflimansyah beserta Sekda HL Gita Ariadi dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi NTB dilakukan setelah Menteri AgamaFachrul Razi dinyatakan positif Covid-19 setelah pulang melakukan kunjungan kerja ke NTB selama dua hari, dari 16-17 September 2020

Saat kunjungan kerja di NTB, Menteri Agama Fachrul Razi menggelar sejumlah pertemuan, di antaranya peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi NTB sekaligus pembinaan aparatur sipil negara (ASN) lingkup Kemenag di wilayah NTB, yakni Gerakan Kementerian Agama Menuju Zona Integritas dan Kepedulian Individu yang Religius (Gema Zikir) pada Rabu (16/9) siang di Kota Mataram.

Selanjutnya pada Rabu malam Menag menggelar pertemuan dengan tokoh agama sekaligus melakukan pelantikan pengurus Bravo 5 Provinsi NTB di kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat. Kemudian, Menag meresmikan sejumlah gedung baru di Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram pada Kamis (17/9).

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) RI Fachrul Razidinyatakan positif terjangkit Covid-19, namun saat ini kondisi fisiknya dalam keadaan baik. "Pada 17 September, Menag melakukan tes usap dan hasilnya positif, namun alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan," kata Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement