Senin 21 Sep 2020 22:23 WIB

Toyota GR Super Sport Tampil Perdana di Dirkuit Le Mans

Toyota GR Super Sport juga disiapkan untuk dapat dijual di sejumlah negara tertentu.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
 Toyota GR Super Sport
Foto: toyota GR
Toyota GR Super Sport

REPUBLIKA.CO.ID, LE MANS--Dalam menghadirkan mobil high performace, Toyota Motor Corporation (TMC) mempercayakan tugas tersebut kepada GAZOO Racing (GR). Salah satu produk hypercar yang tengah dipersiapkan sendiri merupakan produk bernama Toyota GR Super Sport.

Dilansir dari Car and Driver pada Senin (21/9), produk itu pun kini telah tampil di depan publik saat melahap lintasan sirkuit Le Mans, Prancis. Penampilan perdana itu merupakan tampilanya dalam the 88th Le Mans 24 Hours akhir pekan lalu.

Baca Juga

Dengan kehadiran itu, artinya Toyota GR Super Sport akan jadi salah satu mobil yang terlibat dalam ajang Le Mans Hypercar (LMH). Selain itu, Toyota GR Super Sport juga disiapkan untuk dapat dijual di sejumlah negara tertentu.

Sebagai hypercar, tentu Toyota GR Super Sport jadi salah satu mobil unik yang layak dikoleksi. Mobil ini dikembangkan berdasar mobil Toyota TS050 hybrid. Meski belum dapat dipastikan mesin apa yang dibenamkan dalam Toyota GR Super Sport, tapi diperkirakan mobil ini menggendong mesin yang mirip dengan TS050 hybrid.

Artinya, mobil ini didukung dengan tenaga 986 daya kuda dari mesin 2,5 liter V6 hybrid. Dengan powertrain ini, maka Toyota GR Super Sport mampu menghadirkan sensasi high speed dengan torsi yang instan.

Mobil yang tampil di Le Mans merupakan Toyota GR Super Sport yang hadir dalam wujud convertible dengan kondisi atap terbuka. Lewat ajang ini, Toyota nampaknya sekaligus ingin memastikan adjustment terbaik bagi mobil tersebut.

Selain menghadirkan Toyota GR Super Sport dalam wujud convertible, kemungkinan Toyota juga akan menyajikan varian dengan articulated cockpit canopy. Lewat pengembangan itu, Toyota sepertinya ingin menghadirkan kemudahan akses bagi pengendara supercar.

Articulated cockpit canopy sendiri merupakan sebuah desain pintu yang menyatu dengan atap. Sehingga, saat akan keluar atau pun masuk mobil supercar, pengedara dapat lebih mudah karena pintu yang menyatu dengan atap itu dapat terbuka dalam satu kesatuan yang terintegrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement