Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

D'Masiv Rekam 20 Lagu di Abbey Road Studios

Senin 21 Sep 2020 19:30 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Grup musik DMasiv merilis 10 lagu akustik yang dikemas dalam album Live Acoustic @Abbey Rd.

Grup musik DMasiv merilis 10 lagu akustik yang dikemas dalam album Live Acoustic @Abbey Rd.

Foto: dok. Musica Studio
D'Masiv merekam lagunya dalam versi akustik dan elektrik di Abbey Road Studios.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki kesempatan emas untuk rekaman di Abbey Road Studios London, tidak disia-siakan oleh D'Masiv. Grup band yang kini berusia 17 tahun itu sukses merekam 20 lagu dalam format berbeda, yaitu akustik dan elektrik di studio legendaris tersebut.

Menurut sang vokalis Rian Ekky Pradipta, dari 20 lagu itu D’Masiv memutuskan untuk merilis 10 lagu akustik terlebih dulu yang dikemas dalam album bertajuk Live Acoustic @Abbey Rd. Daftar lagu yang dipilih untuk album ini merupakan lagu sudah hit dan dikenal oleh banyak pecinta musik Indonesia.

Sepuluh lagu hit tersebut ialah "Merindukanmu", "Di Antara Kalian", "Jangan Menyerah", "Sudahi Perih Ini", "Rindu Setengah Mati", "Diam Tanpa Kata", "Natural", "Salah Paham", "Melodi", dan "Pernah Memiliki".

"Untuk list lagu sendiri kami pasti diskusikan dengan Bu Acin (Indrawati Widjaja, red), pihak Musica Studios. Sebenarnya kami yang mana saja oke-oke saja karena lagu-lagunya sudah banyak orang yang tahu juga," kata Rian dalam konferensi virtual pada Senin (21/9).

Adapun untuk 10 lagu lain versi elektrik sementara ini akan disimpan dulu. Menurut Rian, 10 lagu itu akan dirilis di waktu dan momen yang tepat.

Band yang digawangi Rian (vokalis), Dwiki Aditya (gitaris), Nurul Damar Ramadhan (gitaris), Rayyi Kurniawan (bassi), dan Wahyu Piadji (drummer) itu mengaku sempat kewalahan karena harus rekaman puluhan lagu. Apalagi, durasi rekaman di Abbey Road juga terbatas hanya 10 jam.

"Satu shif itu cuma 10 jam sewa studionya, optimal rekaman enam jamlah ya untuk 20 lagu, sisanya kami pakai untuk pemotretan dan bikin video. Tapi alhamdulillah semua mulus dan kita kami awal sudah sepakat kalau ada fals dikit hajar aja," kata Rian.

Sementara itu, bagi Rama, album ini ibarat sejarah untuk D’Masiv karena semua lagunya direkam tanpa diulang. Proses rekaman seperti itu juga menghasilkan dinamika yang seru pada lagu yang direkam.

"Semua lagunya direkam one take ok. Jadi pasti akan terasa banget bedanya karena ada beberapa lagu yang diaransemen dengan versi live dan akustik. Kalau kalian dengar pasti ada salah-salahnya, tapi itu seru," kata Rama.

Album Live Acoustic @Abbey Rd dari D’Masiv sudah dapat dinikmati di seluruh portal musik digital sejak 18 September 2020. Albumnya akan dirilis secara fisik dalam bentuk Vinyl, CD dan DVD dalam waktu dekat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA